Wisatawan Diajak Disiplin Protokol Kesehatan

- 12 September 2021, 21:32 WIB
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik. /Disparbud Jawa Barat./

GALAMEDIA - Untuk mengendalikan penularan Covid-19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat mengantisipasi dampak peningkatan kunjungan ke tempat pariwisata pada masa pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat, tim gabungan memantau penerapan protokol kesehatan serta melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19 di tempat-tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, operasi pemantauan protokol kesehatan dan pemeriksaan Covid-19 menyasar 11 daerah pelaksana (PPKM) Level 2 menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 yang berlaku 7 sampai 13 September 2021.

Baca Juga: Tsunami Setinggi 28 meter Ancam Pacitan, Bisa Datang Hanya dalam Waktu 29 Menit!

Daerah sasaran operasi meliputi Kabupaten Ciamis, Garut, Subang, Purwakarta, Majalengka, Pangandaran, Indramayu, Sukabumi, Karawang, Kuningan, dan Cianjur.

“Operasi gabungan sudah dimulai dari Sabtu kemarin. Hari ini (Ahad, red) ini berlanjut secara serentak. Kami antisipasi lonjakan pengunjung yang bisa mengabaikan protokol kesehatan. Imbauan dari Gubernur Jabar kan jangan terjebak euforia,” kata Dedi.

Menurut instruksi Menteri Dalam Negeri, tempat wisata di daerah PPKM Level 2 dapat dibuka dengan syarat protokol kesehatan diterapkan dan pengunjung dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas tersedia.

Baca Juga: Rizal Ramli Sebut Jokowi Layak Dipolisikan Sebab Kerap Umbar Janji Bohong

Dedi mengatakan, menurut laporan sementara, peningkatan pengunjung tempat wisata di daerah PPKM Level 2 tidak terlalu signifikan dan protokol kesehatan secara umum sudah dijalankan di tempat-tempat wisata.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x