Mantap Nikahi Warga Biasa, Tak Hanya Gelar Bangsawan Putri Mako Rela Kehilangan Belasan Miliar

- 4 Oktober 2021, 09:40 WIB
PM/Olah foto Reuters DailyMail
PM/Olah foto Reuters DailyMail /

GALAMEDIA - Gara-gara utang, Putri Mako yang juga keponakan kaisar Jepang kini dipastikan tak akan menerima uang hadiah pernikahan senilai tak kurang dari Rp 19,5 miliar.

Sesuai tradisi uang tersebut diberikan kepada putri Kekaisaran Jepang yang menikah dengan warga biasa.

Namun kontroversi yang menyelimuti kisah cintanya dengan sang tunangan membuat Mako takkan menerima uang yang diberikan untuk menjaga kehormatan para putri yang kehilangan gelar bangsawan.

Soal utang yang menjadi biang mundurnya pernikahan Mako hingga berkali-kali memang bukan utangnya, melainkan pinjaman calon ibu mertuanya pada kekasihnya dulu.

Tak itu saja, pembantu kerajaan mengungkap Putri Mako kini menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD) akibat liputan negatif pernikahannya dengan Kei.

Baca Juga: Pernikahan Siri Lesti Kejora dan Rizky Billar Timbulkan Kontroversi, Rizki 2R: No Comment

Dikutip Galamedia dari DailyMail, belum lama ini, media Jepang kembali diwarnai pemberitaan mengenai pernikahan Putri Mako (29). Kabarnya ia akan dipersunting Kei Komuro dalam prosesi sederhana akhir tahun ini setelah lebih dari empat tahun ditunda.

Putri Pangeran Fumihito, adik kaisar itu rela kehilangan gelar kerajaan demi menikah dengan Kei, teman semasa kuliahnya di Universitas Kristen Internasional Tokyo.

Hukum kekaisaran Jepang mengharuskan seorang putri meninggalkan istana setelah menikah dengan orang biasa.

Baca Juga: Keras Kritik Anies, Giring Ganesha Malah Tak Pernah Kritik Luhut Binsar Panjaitan, Kerjanya Sudah Benar Bro!

Namun laporan The Times, Mako tak akan mendapat uang 150 juta yen dari pemerintah Jepang, yang secara tradisional diberikan kepada putri yang kehilangan status kekaisaran ketika menikah.

Uang dimaksudkan sebagai bekal untuk menjaga martabat seseorang yang pernah menjadi anggota keluarga kekaisaran.

Keputusan untuk membatalkan pemberian uang untuk Mako kemungkinan dipicu kontroversi seputar catatan finansial keluarga Kei.

Baca Juga: Tiga Style Song Hye Kyo dalam Balutan Blazer, Elegan!

Kei menjadi berita tak lama setelah istana mengumumkan pertunangannya dengan Mako pada tahun 2017.

Kei melamar saat makan malam pada bulan Desember 2013 dan pasangan ini merahasiakan hubungan jarak jauh mereka sejak Mako kuliah di Universitas Leicester di Inggris.

Mako dan Kei awalnya akan menikah pada November 2018 tetapi pernikahan ditunda hingga 2020. Pernyataan resmi istana mengatakan keduanya membutuhkan waktu untuk detail pernikahan.

Baca Juga: Inginnya Jadi Pasangan Jungkook BTS, Syifa Hadju Malah Jatuh Hati ke Rizky Nazar

Namun muncul laporan yang menunjukkan ibu Kei terlibat utang yang membuat keluarga istana tak berkenan dan memaksa Mako menunda pernikahan.

Menurut laporan, ibu Kei meminjam 4 juta yen  atau  Rp 527 juta dari mantan kekasihnya. Namun ia tak melunasi pinjamannya tersebut. Sesuatu yang dianggap tak bisa ditoleransi.

Menurut Kei, uang pinjaman telah dibayarkan selama masa pertunangan ibunya dengan sang mantan dari 2010 hingga 2012.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x