BMKG: Wilayah Indonesia Akan Mengalami Puncak Musim Hujan

- 25 Oktober 2021, 17:33 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem dan potensi banjir dalam prakiraan musim hujan 2021-2022.
Ilustrasi cuaca ekstrem dan potensi banjir dalam prakiraan musim hujan 2021-2022. /Pixabay

GALAMEDIA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan berdasarkan jumlah ZOM (Zona Musim) setidaknya ada 21,35 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

"Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 21,35 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan," demikian tulis BMKG dalam keterangannya, Senin 25 Oktober 2021 .

Adapun wilayah tersebut di antaranya Aceh bagian tengah, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, Sumatera Barat, Jambi, sebagian besar Sumatera Selatan, Lampung bagian barat, Banten bagian timur, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian barat, dan sebagian Bali,seperti dikutip Galamedia dari berbagai sumber.

Kemudian, sebagian kecil Jawa Timur bagian selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan bagian selatan dan timur, Kalimantan tengah bagian timur, Pulau Taliabu, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian tengah.

Baca Juga: Menag Yaqut Sebut Kemenag Hadiah Untuk NU, Refly Harun: Tidak Sesuai Dengan Sila Ketiga

Sementara itu, meski hujan telah turun di beberapa daerah, masih 78,65% dari jumlah ZOM yang ada di Indonesia mengalami musim kemarau dan sejumlah 7 daerah tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan.

BMKG juga menyebut tujuh daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem tersebar di dua provinsi, yakni NTB dan NTT.

Baca Juga: Usai Pamer Kartu Mahasiswa UGM hingga Diduga Sindir Jokowi, Roy Suryo: Memang Ada di UGM, Fakultas Apa? Ambyar

Di NTB antara lain wilayah Bima (196 hari), dan Lombok Timur (75 hari). Sedangkan NTT di antaranya Sumba Timur (196 hari), Rote Ndao (122 hari), Kupang (117 hari), Sabu Raijua (115 hari), Lembata (114 hari).***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x