Situs BSSN Diretas, Puan Maharani: Saya Terkejut, 'Tameng' Keamanan Siber Pemerintah Kena Justru Retas

- 27 Oktober 2021, 18:25 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Dok. DPR RI.
Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Dok. DPR RI. /

GALAMEDIA - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani terkejut ketika mengetahui bahwa situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diretas.

Puan menyayangkan kejadian itu dan meminta adanya evaluasi. Pasalnya, BSSN diberikan tugas khusus oleh pemerintah dalam hal terkait sistem keamanan siber negara.

Puan bahkan menyebutkan, BSSN yang seharusnya menjadi tameng utama keamanan siber justru kena retas.

“Saya sungguh terkejut, BSSN yang menjadi ‘tameng’ utama keamanan siber Indonesia justru kena retas,” kata Puan dalam keterangannya dikutip Galamedia para Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Persib Kembali Dikudeta Bhayangkara FC, King Eze Cetak Gol Kemenangan atas Borneo FC

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pun menegaskan, peretasan website BSSN ini adalah isu serius bagi keamanan siber Indonesia.

“Kalau tameng utamanya bisa diretas, saya khawatir website-website pemerintah lainnya yang menyimpan data publik bisa dengan mudah disusupi,” papar Puan.

Menurut Puan, BSSN perlu mengaudit secara teknis terkait adanya celah sistem keamanan yang disusupi hacker tersebut, untuk kemudian segera berbenah diri, baik secara teknologi maupun sumber daya manusia.

“Setelah berbenah, barulah bisa melaksanakan tugas keamanan siber. Karena tidak mungkin melindungi keamanan siber pemerintah, kalau belum bisa melindungi diri sendiri,” usulnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x