WASPADA! Besok Hingga Lusa DKI Jakarta Terancam Banjir, BPBD: Warga Diimbau Untuk Hati-Hati

- 29 Oktober 2021, 20:04 WIB
Ilustrasi - Hujan disertai petir
Ilustrasi - Hujan disertai petir /Pexels/Philipe Donn/

 

GALAMEDIA - Banjir diprediksi bakal melanda wilayah DKI Jakarta pada 30-31 Oktober 2021.

Hal itu seiring kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat pada besok dan lusa.

Setidaknya hal itu menjadi peringatan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta kepada warga DKI Jakarta melalui akun media sosial Instagram, Jumat, 29 Oktober 2021.

"Waspada cuaca ekstrem di DKI Jakarta. Durasi 30 Oktober 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 31 Oktober 2021 pukul 07.00WIB," tulis BPBD.

Berdasarkan unggahan itu, dijelaskan potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir bandang dapat terjadi di lima wilayah di Jakarta, yakni Jakarta Timur dengan status siaga; Jakarta Selatan waspada; Jakarta Barat waspada; Jakarta Pusat waspada dan Jakarta Utara waspada.

Baca Juga: Kapolri Keluarkan Peringatan Tegas, Puan Maharani: Polisi Harus Berhati-hati

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es) yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi," tulis BPBD.

Semenatara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan sejumlah langkah menghadapi musim hujan. Mulai dari revitalisasi waduk, program gerebek lumpur, hingga pembangunan sumur resapan.

"Memasang alat ukur curah hujan di seluruh, yakni 267 Kelurahan sehingga kita tahu persis kalau musim hujan seperti apa. Menyiapkan 1.262 lokasi pengungsian daya tampung 105.804 jiwa dan sarana prasarana pendukung seperti tenda pengungsi, dapur umum, logistik dan lain sebagainya," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x