Pemkot Cimahi Sambut Baik Rencana Vaksin Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

- 3 November 2021, 16:42 WIB
Ilustrasi vaksinasi anak 6-11 tahun./Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar
Ilustrasi vaksinasi anak 6-11 tahun./Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar /

GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menyambut baik rencana pemberian vaksin Covid-19, bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Hal itu dinilai akan semakin memperluas cakupan warga yang terlindungi dari Covid-19. Untuk itu, dinas terkait segera melakukan persiapan untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu, 3 November 2021.

"Selaku pemerintah daerah, kami menyambut baik kebijakan tersebut. Dengan begitu anak-anak lebih terjaga, bisa terjaga daya tahan tubuhnya dari paparan Covid-19," ujarnya.

Seperti diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk vaksinasi kepada anak usia 6 sampai 11 tahun.

Sebelumnya BPOM telah mengeluarkan EUA penggunaan vaksin Sinovac untuk vaksinasi Covid-19 bagi usia 12-17 tahun. Keputusan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun tersebut turut dinantikan masyarakat.

Baca Juga: Luhut dan Erick Terancam Dipecat, Muslim Arbi Desak Jokowi hingga DPR Proses Kedua Menteri Itu

Ngatiyana mengatakan, pada prinsipnya vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, serupa dengan imunisasi yang digelar di sekolah. "Kan ada imunisasi di sekolah seperti BCG, dan lain-lain juga ya ini sama saja tidak berbeda. Mungkin dilakukan di sekolah," katanya.

Ngatiyana mengatakan, pihaknya meminta dinas terkait segera melakukan persiapan. "Dinkes supaya koordinasi dan turun ke lapangan untuk persiapan vaksinasi, kita tanya ke Pemprov Jabar bagaimana teknis pelaksanaan, dan vaksinnya kapan. Kalau sudah ada dropping vaksinnya, harus siapkan teknis baik tempat, jadwal, tenaga dan pelaksana, hingga kesiapan sasarannya," bebernya.

Menurut Ngatiyana, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi juga perlu menyiapkan sekolah yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun. "Perlu kesiapan sekolah, karena usia tersebut merupakan siswa SD," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah