Sejumlah Warga Khawatir Aliran Sungai Cisunggalah Rawan Meluap

- 17 November 2021, 20:42 WIB
Aliran air Sungai Cisunggalah yang membatasi Desa Bojong Kecamatan Majalaya dan Desa Panyadap Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung saat meluap, Rabu 17 November 2021 sore./Engkos Kosasih/Galamedia
Aliran air Sungai Cisunggalah yang membatasi Desa Bojong Kecamatan Majalaya dan Desa Panyadap Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung saat meluap, Rabu 17 November 2021 sore./Engkos Kosasih/Galamedia /

GALAMEDIA - Sejumlah warga terlihat berjibaku memasang penghalang luapan Sungai Cisunggalah yang membatasi Desa Bojong Kecamatan Majalaya dan Desa Panyadap Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, Rabu, 17 November 2021.

Hal itu untuk mencegah luapan air menggenangi kawasan permukiman yang padat penduduk.

Sejumlah warga menghalangi luapan air Sungai Cisunggalah yang mengalir deras itu dengan menggunakan papan, besi, karung yang diisi dengan pasir dan tanah maupun dengan material lainnya.

Baca Juga: KPK Masih Dalami Dugaan Kasus Korupsi Penyelenggaraan Formula E

Pemasangan papan penghalang luapan air itu, di antaranya di bagian jembatan penyebrangan karena ada bagian celah yang berpotensi terjadi luapan air yang dikhawatirkan bakal menggenangi rumah warga.

Namun jembatan yang dibangun dengan kondisi yang sudah ditinggikan aman dari luapan air sungai. Sementara jembatan yang rendah, menghambat aliran air sungai sehingga rawan terjadi luapan air.

Pantauan Galamedia di lapangan, aliran air sungai yang cukup deras setelah turun hujan di bagian hulu Sungai Cisunggalah itu, di beberapa titik terjadi luapan air karena kondisi tanggul yang tidak mampu lagi menampung aliran air.

Luapan air itu meluber ke ruas jalan dan menggenangi sebagian halaman rumah warga. Sejumlah warga pun khawatir tanggul yang berada di atas ruas jalan dan permukiman penduduk itu jebol, setelah turun hujan deras di kawasan hulu Sungai Cisunggalah.

Baca Juga: Ulama Ditangkap Densus 88, Rocky Gerung Sebut Isu Radikalisme Tengah Dimunculkan: Menutupi Isu PCR

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x