Optimalkan Prestasi, Tim Pengabdian Masyarakat Unjani Lakukan Pemeriksaan Status Gizi Atlet Renang

- 20 November 2021, 20:08 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) yang didukung oleh LPPM Unjani, bekerja sama dengan Elite Swimming Club Bandung, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan status gizi dan komposisi tubuh kepada para atlet renang.
Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) yang didukung oleh LPPM Unjani, bekerja sama dengan Elite Swimming Club Bandung, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan status gizi dan komposisi tubuh kepada para atlet renang. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

 

GALAMEDIA - Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) yang didukung oleh LPPM Unjani, bekerja sama dengan Elite Swimming Club Bandung, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan status gizi dan komposisi tubuh kepada para atlet renang.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Anastasia Yani Triningtyas mengatakan bahwa olahraga merupakan salah satu upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, serta dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan negara.

Lebih jauh, seorang atlet selain membutuhkan dukungan kemampuan teknik, latihan fisik, sarana dan prasarana, juga dukungan gizi yang baik terutama pada atlet muda.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu pengamalan Tridarma perguruan tinggi Fakultas Kedokteran Unjani sebagai komitmen dalam menunjang peningkatan prestasi olah raga renang khususnya," ungkapnya disela-sela kegiatan di Kolam Renang Karang Setra, Kota Bandung, Sabtu, 20 November 2021.

Baca Juga: Muncul Tagar #AniesDipusaranTokohTeroris Usai Bertemu Ustadz Farid Okbah, Musni Umar: Fitnah itu Kejam Sekali!

Menurutnya atlet muda perlu mendapat asupan nutrisi untuk mempertahankan tingkat kesehatan dan mengoptimalkan kinerja, agar dapat menjalani program pelatihan intensitas tinggi dan kompetisi yang ketat. Sehingga dapat mencapai status gizi dan komposisi tubuh yang ideal.

Dikatakannya seorang atlet membutuhkan berbagai upaya yang harus dilakukan secara konsisten dan sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil yang maksimal. Seorang atlet tidak hanya butuh dukungan kemampuan teknik, latihan fisik, dukungan sarana dan prasarana tetapi juga dukungan gizi yang baik.

"Nutrisi merupakan faktor penting untuk mencapai kinerja hebat yang perlu dipersiapkan selama pelatihan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan diawali dengan pemeriksaan antropometri berupa tinggi badan dan berat badan, diikuti pemeriksaan komposisi tubuh. Selanjutnya diberikan konsultasi dan edukasi tentang status gizi dan nutrisi yang tepat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x