Ingin Turun Level PPKM, Pemerintah Daerah Berupaya Genjot Capaian Vaksinasi Lansia

- 25 November 2021, 12:58 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjemput lansia yang akan divaksinasi Covid-19.
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjemput lansia yang akan divaksinasi Covid-19. /Hj. Ati Suprihatin/

GALAMEDIA - Sampai 29 November mendatang, lima daerah di Jawa Barat masuk level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Daerah-daerah tersebut adalah, Kota Cirebon, Kota Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, dan Kabupaten Bekasi.

Penetapan tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang berlaku sejak 16 November 2021.

Sementara itu, 13 daerah masuk level 2 PPKM, yaitu Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kota Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang.

Sedangkan daerah yang masuk level 3 PPKM sebanyak 9 daerah, yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut.

Baca Juga: Badan Jalan Raya Moch Toha Dayeuhkolot Menjadi TPS Sementara Akibat Minimnya Lahan

Saat ini daerah-daerah di Jawa Barat berusaha untuk menurunkan level PPKM, salah satunya dengan mempercepat vaksinasi Covid-19.

Penetapan level wilayah PPKM berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Selain itu ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 1 warga lanjut usia di atas 60 tahun dari target vaksinasi.

Penurunan level dari level 3 menjadi level 2 dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 50% dan capaian vaksinasi dosis 1 warga lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40%. Penurunan level dari level 2 menjadi level 1 dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 70% dan capaian vaksinasi dosis 1 warga lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 60%.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x