Ini Rencana Penyekatan Jalan di Kota Bandung Jelang Libur Nataru

- 5 Desember 2021, 22:03 WIB
AKP Asep Kusmana, Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung.
AKP Asep Kusmana, Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung. /Hj. Ati Suprihatin/

GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah mempersiapkan sejumlah rencana penanganan pada pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan Tahun baru (Nataru).

Rencana tersebut di antaranya, kembali menerapkan penutupan sejumlah ruas jalan untuk membatasi mobilitas masyarakat khusus ketika malam pergantian tahun.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Satlantas Polrestabes Bandung sudah menyiapkan skema penutupan sejumlah jalan saat malam tahun baru. Pelaksanaan di lapangan dibantu oleh petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung dan TNI.

"Di malam tahun baru akan dilaksanakan beberapa penutupan jalan di ring 1 dengan pola pengaturan waktu 18.00-05.00," ujar AKP Asep Kusmana, Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung di Balai Kota Bandung, Kamis 2 Desember 2021.

Baca Juga: 778 Sekolah di Kota Bandung Siap Laksanakan PTMT Gelombang Ketiga

Rencana penutupan jalan bakal dilakukan di 10 lokasi, yaitu Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Naripan-Tamblong, Jalan Braga-Naripan, Jalan Banceuy-Asia Afrika, Jalan Lembong-Tamblong, sepanjang Jalan Merdeka, sepanjang Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur, dan Alun-Alun Timur.

Sekalipun dilakukan penutupan jalan, namun ada pengecualian bagi masyarakat untuk melintas. Koordinasi juga akan dijalin bersama hotel dan pengelola pusat perbelanjaan yang masuk di dalam penyekatan.

"Itu nanti ada pengecualian, yaitu misalnya akan masuk hotel, penduduk setempat, ambulan dan lainnya dan tentunya tinggal menyampaikan keperluannya kepada petugas yang menjaga di titik tersebut," ujar Asep.

Selain penutupan jalan, disiapkan pula skema rekayasa jalan. Pengalihan arus akan dilaksanakan apabila di sejumlah lokasi yang disinyalir berpotensi lokasi berkumpulnya masyarakat terpantau sudah melebihi kapasitas maksimal.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x