Jajaran Birokrat Sumedang Berkomitmen Turunkan Kemiskinan, Stunting dan Pengangguran

- 13 Desember 2021, 19:57 WIB
Wakil Bupati Bandung Sahrul  Gunawan (Kanan) saat berkunjung ke Kota Tahu untuk menjajal SPBE  ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) milik Pemkab Sumedang. Ade Hadeli/Galamedia//
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan (Kanan) saat berkunjung ke Kota Tahu untuk menjajal SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) milik Pemkab Sumedang. Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Jajaran birokrat Pemerintah Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk menurunkan kemiskinan, stunting dan pengangguran.

Karena menurut Sekda Sumedang Herman Suryatman, esensi pemerintahan adalah harus mensejahterakan masyarakat. "Oleh karena itu, kami sedang bekerja keras. Tidak hanya berfokus pada reformasi birokrasi yang bagus, tetapi juga pada penurunan angka kemiskinan, stunting, dan pengangguran," kata Herman, Senin 13 Desember 2021.

Menurutnya, untuk mewujudkan komitment tersebut, gebrakan demi gebrakan terus dilakukan Pemda Sumedang. Bukan sekadar teori, namun berbagai perubahan dilakukan sebagai bentuk implementasi dari reformasi birokrasi.

Seperti penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) sebagai upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah.

Baca Juga: Said Aqil Siradj Senggol 212: Tidur di Masjid Shalat Jumat di Lapangan, Itu Tidak Benar Menurut Saya

Hasil dari kerja kerasnya itu, hampir setiap hari Pemda Sumedang menerima kunjungan studi komparatif dari berbagai kabupaten dan kota di Indonesia terkait penerapan SPBE.

Banyaknya kunjungan kerja beberapa Pemerintah Daerah ke Kabupaten Sumedang menjadikan Sumedang sebagai tujuan 'wisata pemerintahan' (government tourism).

Selain menjadi ajang sharing pengalaman, di sisi lain, meningkatnya jumlah kunjungan akan memberikan efek domino bagi sektor pariwisata dan sektor ekonomi riil lainnya.

"Studi komparatif ini sebetulnya government tourism yang berdampak pada sektor pariwisata dan sektor ekonomi rill lainnya seperi pariwisata, perhotelan, restoran dan UMKM," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x