Mengenal Gempa Megathrust Selat Sunda yang Lebih Dahsyat dari Gempa Ujung Kulon Kemarin

- 17 Januari 2022, 20:55 WIB
Dampak Kerusakan Rumah Akibat Gempa Bumi M6,6 di Kampung Cisaat, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kab. Pandeglang, Banten
Dampak Kerusakan Rumah Akibat Gempa Bumi M6,6 di Kampung Cisaat, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kab. Pandeglang, Banten /BNPB

GALAMEDIA - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Pandeglang, Banten dengan magnitudo 6,7 pada Jumat, 14 Januari, pukul 16.05 WIB.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh BMKG, pusat gempa bumi tersebut letaknya di 7.01 LS serta 105.26 BT di kedalaman 40 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Kabupaten Pandeglang, di Kecamatan Sumur serta Kecamatan Mandalawangi getaran gempa terasa sangat kuat dan bisa dirasakan selama 4-5 detik.

Masyarakat sekitar langsung berhamburan keluar rumah ketika merasakan guncangan yang kuat tersebut.

Dampak gempa bumi tersebut membuat beberapa rumah yang berada di wilayah Kecamatan Munjul dan Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang mengalami kerusakan pada bagian atap juga teras rumah.

Guncangan dari gempa bumi di wilayah Kabupaten Pandeglang terasa hingga daerah Ibu Kota Jakarta serta wilayah sekitarnya yang menyebabkan berhamburannya para pegawai kantor untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: UN1TY Boyband Indonesia yang Pernah diundang Radio Brazil Akan Rilis Single ke-8: So Bad

Tak hanya Jakarta, dilaporkan gempa bumi di Kabupaten Pandeglang guncangannya juga terasa hingga wilayah Kabupaten Cianjur serta daerah sekitarnya.

Begitu juga dengan daerah Kabupaten Lampung Barat yang juga turut merasakan guncangan gempa bumi tersebut sampai sekitar 2-3 detik.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x