Pohon Kota Tidak Sehat dan Rapuh, Mari Kelola dengan Baik

- 19 Januari 2022, 19:54 WIB
Ilustrasi pohon./
Ilustrasi pohon./ /pixabay/umutavci

GALAMEDIA – Pada laman resmi pemerintah indonesia.go.id, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat mencatat, ada 304 pohon tumbang di sepanjang tahun 2021.

Sebagian besar (129 kasus) terjadi pada April dan Desember, yakni 79 kasus.

Kehadiran pohon peneduh (shade trees) di perkotaan amat penting. Pepohonan memberi manfaat secara estetika, sosial, dan ekologis.

Namun, jika tidak dikelola secara baik, pohon-pohon tersebut bisa menebar ancaman. Banyak yang menjadi korban, luka, atau bahkan meninggal, akibat tertimpa pohon tumbang.

Secara umum, pohon yang sehat bisa tumbang oleh tiupan angin yang kuat, yang mengakibatkan beban mekanik di bagian tajuk melampaui daya dukung batang atau cabang.

Baca Juga: Irfan Suryanagara dan Anton Sukartono Bersaing Pimpin Partai Demokrat Jabar

Maka, pohon-pohon yang sakit, antara lain ditandai oleh batang yang gerowong, cabang yang luka terbuka dan busuk, daun yang menguning, punya risiko lebih besar untuk sempal atau tumbang.

Dalam penelitian untuk skripsinya di Fakultas Kehutanan IPB University, 2012, Arisfan Nopiansyah Batubara melakukan observasi terhadap 231 batang pohon peneduh di 11 jalan utama yang tersebar di 11 kecamatan di Jakarta Selatan.

Sebagian besar yang dia periksa adalah pohon angsana (39 persen) dan mahoni (34 persen).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x