Ucapkan Salam Hormat pada Warga Kalimantan, Ridwan Kamil Yakin IKN akan Maju dan Membanggakan

- 26 Januari 2022, 10:21 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Adam/Biro Adpim Jabar/



GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil  mengucapkan salam hormat pada warga Kalimantan.

Hal itu menyusul Kalimantan yang resmi dipilih sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada mulanya, Ridwan Kamil mengunggah sebuah potret terkait asal muasal peradaban kota-kota besar di dunia.

Dalam unggahannya itu, Ridwan Kamil menyebut semua peradaban kota-kota besar di dunia memiliki cerita yang sama yakni dari sepi menjadi maju.

Baca Juga: The Next Sergio Aguero, Julian Alvarez Segera Merapat ke Manchester City

"DARI SEPI MENJADI MAJU. Itulah sejarah semua peradaban kota-kota besar dunia. Dari Shenzen yang dulunya padang rumput sampai Dubai yang dulunya padang pasir, semua ceritanya sama," kata Ridwan Kamil, dalam keterangan unggahan di akun Instagram @ridwankamil, dikutip Galamedia, Rabu 26 Januari 2022.

Ridwan Kamil yang dipercaya menjadi salah satu juri dalam sayembara IKN itu pun menilai bahwa pemilihan Kalimantan sebagai IKN baru sangat tepat.  

Ia meyakini bahwa IKN yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu akan maju dan membanggakan Indonesia.

"Salam hormat untuk warga Kalimantan, sebagai salah satu Juri sayembara IKN, saya meyakini Ibukota Negara di sana kelak pasti akan maju dan membanggakan," terangnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 26 Januari 2022: Iqbal Ditangkap, Ibu Rosa Bebas, Irvan Malu Bukan Main

Apalagi Ridwan Kamil mengungkap bahwa pemindahan IKN tersebut merupakan wacana lama yang dicanangkan Bung Karno saat masih menjabat sebagai presiden.

Menurutnya, wacana tersebut terus dikembangkan sejak zaman Bung Karno mengingat DKI Jakarta yang tidak pernah didesain sebagai IKN.

"PEMINDAHAN IBUKOTA adalah wacana lama sejak zaman Bung Karno. Karena Jakarta memang tidak pernah didesain sebagai Ibukota," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun mengungkapkan bahwa Kalimantan memang sengaja dipilih Bung Karno untuk menjadi IKN.

Baca Juga: Tahu Nia Ramadhani Divonis Satu Tahun Penjara, Mikhaila Bakrie Histeris

Hal itu dikarenakan letak geografis Kalimantan yang jauh dari potensi bencana serta posisinya berada di tengah-tengah Nusantara sehingga menguatkan semangat pemerataan.

Ia juga menyampaikan bahwa wacana pemilihan pulau Borneo sebagai IKN sejak zaman Bung Karno itu lah yang pada akhirnya membuat Presiden Jokowi memutuskan Kalimantan sebagai IKN baru bagi NKRI.

"Beliau memilih Kalimantan karena jauh dari potensi bencana, posisi di tengah nusantara dan menguatkan semangat pemerataan. Hal yang sama yang menjadi alasan mengapa Presiden @jokowi memutuskan di Kalimantan," pungkasnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x