Suasana Mencekam di Ukraina Usai Diserang Rusia, Pengamat Internasional Ungkap Derita Turki: Pusing Dah

- 24 Februari 2022, 21:10 WIB
Situasi di sebuah kota di Ukraina saat diserang Rusia./tangkapan layar Twitter.
Situasi di sebuah kota di Ukraina saat diserang Rusia./tangkapan layar Twitter. /

 

GALAMEDIA - Rusia akhirnya menginvasi negara Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022. Suasana mencekam dan tegang terlihat di berbagai penjuru wilayah Ukraina.

Pengamat internasional Hasmi Bakhtiar menilai situasi tersebut membingungkan negara Turki.

"Sebagai anggota utama di NATO, Turkey tentu gak setuju NATO terlibat langsung. Bagi Turkey, memihak pada Ukraina rugi, memihak pada Rusia juga rugi, membiarkan perang lebih rugi. Pusing dah," ujarnya melalui akun Twitter @hasmibakhtiar, Kamis, 24 Februari 2022.

Sementara itu usai Rusia mengumumkan operasi militer pada Kamis, 24 Februari 2022, suara ledakan bom terdengar di sejumlah kota.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan pernyataan yang disiarkan televisi pada Kamis ini bahwa negaranya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia.

Baca Juga: AVA Digital Awards 2022: Bersaing dengan Merk Internasional, QNET Raih 5 Penghargaan

Dia meminta masyarakat mendukung pasukan bersenjata, termasuk dengan mengangkat senjata dan mempersiapkan diri untuk berperang.

Dia berjanji mencabut berbagai sanksi pribadi, yang telah dia terapkan sebelumnya, pada siapa pun yang mau membela Ukraina.

Kepala Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan bahwa aliansi tersebut tidak berencana mengirim pasukan ke Ukraina setelah Rusia menginvasi negara tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x