Capaian Vaksinasi Agar Pengaruhi Kebijakan Soal Libur Lebaran Idul Fitri Tahun Ini, Kata Menkes Budi Gunadi

- 7 Maret 2022, 20:13 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin./Dokumentasi Humas Setkab/
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin./Dokumentasi Humas Setkab/ /

GALAMEDIA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan, jika tingkat vaksinasi Covid-19 nasional mencapai target, maka hal ini bisa menjadi pertimbangan Pemerintah Indonesia dalam mengeluarkan kebijakan untuk masa libur lebaran atau Idul Fitri tahun 2022 ini.

Situasi Indonesia saat ini, sekitar 70 persen masyarakat sudah menerima vaksin Covid-19 untuk dosis pertama.

Kementerian Kesehatan, kata Menkes Budi Gunadi, menargetkan agar tingkat vaksinasi dosis kedua bisa mencapai angka 70 persen juga.

"Sampai sekarang sudah ada 344 juta dosis vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan dan untuk dosis pertama sudah 190 juta, sekitar 70 persen lebih rakyat Indonesia sudah disuntik dosis pertama, diharapkan suntik keduanya juga bisa cepat mengejar 70 persen tersebut," kata Menkes Budi Gunadi seperti dikutip Galamedia dari ANTARA pada Senin, 7 Maret 2022.

Baca Juga: Crazy Rich Bandung Doni Salmanan Akan Diperiksa Penyidik Terkait Kasus Penipuan Binary Option Quotex

Menkes Budi Gunadi menyatakan, saat ini Pemerintah Indonesia memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dan melengkapi dosis vaksinasi Covid-19 bagi penerima vaksin yang belum menerima dosis secara lengkap.

"Sebelum Lebaran, yaitu akhir April 2022, kita sudah selesaikan suntik dua dosis 70 persen dari populasi sehingga mudah-mudahan kali ini kalau hasilnya baik," ucapnya.

"Pak Menko mengizinkan, ya Lebaran kali ini kita bisa hadapi dengan berbeda dibandingkan dengan lebaran-lebaran sebelumnya, dengan kondisi bahwa harus dilakukan percepatan vaksinasi dosis kedua," imbuh Menkes Budi Gunadi.

Dikatakan Menkes Budi Gunadi, Kementerian Kesehatan juga akan melakukan survei serologi sebagai dasar dalam mengeluarkan kebijakan sebelum Lebaran tahun ini.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x