Rakornas Bidang Perpustakaan 2022 Ditutup, Ofy: Tingkatkan Literasi Masyarakat di Seluruh Negeri

- 30 Maret 2022, 19:36 WIB
Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, Ofy Sofiana.
Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, Ofy Sofiana. /

GALAMEDIA - Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Ofy Sofiana berharap melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2022, maka membawa gerakan literasi yang baik ke daerahnya masing-masing.

"Semua yang kita lakukan ini merupakan panggilan tugas dan kecintaan kita sebagai insan perpustakaan dalam meningkatkan literasi masyarakat di seluruh negeri yang kita cintai ini," ungkapnya pada Penutupan Rakornas Bidang Perpustakaan 2022, Rabu, 30 Maret 2022.

Menurutnya rakornas tersebut, sebagai prasyarat untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang maju dan unggul.

Lebih jauh, dapat menjadi komitmen dan landasan, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi di bidang perpustakaan di Indonesia.

"Apa yang telah kita kerjakan dan menjadi komitmen bersama dalam forum penting ini, dapat kita tindaklanjuti sebagai landasan operasional dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di bidang perpustakaan dan kepustakawanan," tuturnya.

Baca Juga: Tangis Putri Beatrice Melihat Ratu Elizabeth Bersama Pangeran Andrew di Memorial Service Pangeran Philip

Rakornas Perpustakaan 2022 yang diselenggarakan selama dua hari ini, dihadiri kurang lebih 10 ribu peserta yang terbagi dalam ruang daring dan luring. Para peserta ini datang dari seluruh daerah di Indonesia, yang adalah Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ketua Forum Perpustakaan/Penerbit Pengusaha Rekaman dan pihak-pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas selama ini.

Selama gelaran Rakornas Perpustakaan yang mengangkat tema "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional", para perwakilan dari daerah silih berganti menyampaikan masalah dan usulan solusi yang kemudian didiskusikan bersama dan dibawa dalam beberapa kali sesi diskusi panel untuk dirembukkan bersama.

"Isu utama yang dibawa dalam Rakornas ini adalah digitalisasi perpustakaan, yang dipandang sudah menjadi kebutuhan wajib seluruh perpustakaan dewasa ini," terangnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x