Pemkab Garut Akan Lakukan Pengaspalan Plastik di 6 Titik Sepanjang 23 KM

- 1 April 2022, 21:40 WIB
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, didamingi Kadis PUPR Garut, Luna Aviantrini, melakukan peninjauan pengaspalan di area Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis 31 Maret 2022 malam./Agus Somantri/Galamedia
Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, didamingi Kadis PUPR Garut, Luna Aviantrini, melakukan peninjauan pengaspalan di area Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis 31 Maret 2022 malam./Agus Somantri/Galamedia /

GALAMEDIA- Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan melakukan pengaspalan atau hotmix plastik sepanjang 23 kilometer, yang akan dimulai pada bulan Ramadan ini.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengatakan, ada beberapa yang sudah digelar. Dari sebanyak 6 titik, terang Helmi, rencananya dalam bulan puasa ini ada 4 titik yang akan dilakukan pengapalan atau hotmix plastik.  

"Jadi nanti yang 2 titik lagi mungkin nanti setelah lebaran ya," ujarnya, Jumat 1 April 2022.

Menurut Helmi, 4 titik yang akan dilakukan pengaspalan di Bulan Ramadan ini  salah satunya yaitu di sekitar jalan area Gedung Pendopo ke Jalan Bank yang saat ini sudah dilakukan pengaspalan.

Baca Juga: Mahasiswa Desak Jaksa Agung Copot Oknum Pegawai Kejati NTB yang Lakukan Pemukulan Saat Aksi Unras

"Jadi ini yang di perkotaan, kemudian yang dari Tarogong ke Samarang, kemudian juga yang di daerah Pembangunan, Karangpawitan - Wanaraja. Nah ini jadi insya Allah kita gelar pada bulan Ramadan ini," ucapnya.

Helmi menyebutkan, berdasarkan hasil peninjauannya, aspal plastik terlihat lebih padat dan lebih rapat dibandingkan aspal biasa. Dengan ditambahkan 10 persen plastik ini, terangya, akan menambah kekuatan 40 persen

Helmi menuturkan, pengaspalan plastik ini merupakan sebuah solusi pemerintah dengan bantuan dari PT. Candra Asri dalam mengatasi penumpukan sampah plastik, khususnya sampah plastik kresek dengan melakukan daur ulang sampah yang dicampur dengan aspal plastik.  

"Kalau plastik kaya yang botol itu kan bisa dijual, kalau yang ini (plastik kresek) susah kan nggak da yang nampung yang dari kresek itu, nah justru aspal yang aspal ini adalah bahan bakunya adalah terutamanya kresek," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x