Masih Proses Investigasi, Ini Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran RSUD Bandung Kiwari

- 6 April 2022, 11:54 WIB
Masih Diinvestigasi, Yana Ungkap Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran RSUD Bandung Kiwari
Masih Diinvestigasi, Yana Ungkap Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran RSUD Bandung Kiwari /Yeni SIti Apriani/galamedia/

GALAMEDIA - Pelaksana tugas Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau lokasi pascakebakaran di RSUD Bandung Kiwari Jalan Kopo, Rabu, 6 April 2022.

Pihak rumah sakit menyebut akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab dari kebakaran tersebut.  

Seperti diketahui kebakaran terjadi di lantai 5 RSUD Bandung Kiwari pada Selasa, 5 April 2022. Dari peninjauan tersebut, diketahui sebuah alat filter udara untuk sterilisasi udara ruang operasi terbakar.

"Yang pasti harus diinvestigasi dulu, api ini bersumber dari apa, yang kemudian pelayanan terganggu atau tidak, terus apakah ada korban jiwa atau tidak, ternyata alhamdulillah tidak ada, pelayanan juga tidak terganggu. Tapi tentunya kita harus menunggu investigasi, tadi api ini bersumber apa," ungkap Yana.

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 6 April 2022: Serangan Nino ke Keluarga Al, Reyna Bakal Pindah Rumah

Ia mengatakan, salah satu alat filter untuk udara, bagi keperluan sterilisasi udara di ruang operasi terbakar. Meski begitu, dipastikan pelayanan tidak terganggu.

"(Dugaan awal, red) Belum tahu, makanya itu harus diinvestigasi dari yang ahli lah," tuturnya.

Akibat kejadian ini, kata Yana, diperkirakan kerugian kerugian kurang dari Rp 1 miliar. Disinggung soal perbaikan alat, Yana belum mengetahui berapa lama bisa dilakukan.

"Belum tahu, harus diinvestigasi dulu.  Mungkin kalau pesan alat sih enggak susah, cuma ini harus selesai dulu dan  dipastikan sistem berjalan baik. Tapi yang pasti sistem alarmnya bagus, sistem pemadam internalnya juga bagus," kata Yana.

Baca Juga: 6 Bahaya Tidur Setelah Sahur yang Perlu Kamu Ketahui

Akibat terbakarnya sebuah alat filter udara ini, ada beberapa ruang operasi yang terganggu. Namun, Yana kembali menegaskan pelayanan di RSUD Bandung Kiwari tidak terganggu.

"Ruang operasi, dari sekian banyak mungkin ada yang terganggu.  Bisa kan dari delapan ruangan, mungkin ada berapa yang terganggu. Tapi prinsip pelayanan tidak terganggu, " terangnga.

Di sisi lain, Yana pun meminta masyarakat untuk waspada terhadap bahaya kebakaran. "Hati-hati korsleting listrikterutama kompor jangan suka ditinggal," terangnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x