Pakaian Adat Sunda Warnai Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-444 Kabupaten Sumedang

- 20 April 2022, 18:45 WIB
Peserta upacara wanita memakai kebaya dan kain, serta pakaian salontreng hitam lengkap dengan ikat kepala untuk laki-laki mewarnai pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Ke-444  Kabupaten Sumedang//Ade Hadeli/Galamedia//
Peserta upacara wanita memakai kebaya dan kain, serta pakaian salontreng hitam lengkap dengan ikat kepala untuk laki-laki mewarnai pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Ke-444 Kabupaten Sumedang//Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA- Pakaian adat Sunda  mewarnai pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Ke-444 Sumedang yang   jatuh pada 22 April 2022, digelar di Lapangan Upacara Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Rabu 20 April 2022.

Dibanding tahun sebelumnya, jumlah peserta pun lebih banyak, dimana seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Sumedang mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti upacara secara langsung.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyebutkan, peringatan Hari Jadi Sumedang salah satu cara mensyukuri nikmat yang masih diberikan kepada Allah SWT serta momentum untuk mengingatkan kembali bahwa semua capaian pembangunan yang telah diraih tidak lepas dari peran serta dan kerja keras para pendahulu.

Baca Juga: Deteksi Getaran Sesar Lembang, BRIN Pasang Seismograf di Perkantoran Pemkab Bandung Barat

"Kita hanyalah melanjutkan pembangunan dan perjuangan yang telah mereka rintis sehingga Kabupaten Sumedang menjadi daerah maju dan terdepan seperti saat ini," ungkapnya.

Momentum Hari Jadi Ke-444 Sumedang diharapkan dapat membangkitkan kembali gairah dan semangat membangun Sumedang dengan mewujudkan pelayanan berkualitas dan lebih cepat atau Sumedang Melesat.

"Sebagaimana tema peringatan 'Melesat menuju Sumedang Simpati 2023', kita menginginkan pelayanan lebih berkualitas dan lebih cepat," ujarnya.

Baca Juga: Pemudik Lewat Jalan Astra Tol Cipali Diprediksi Naik 48%

Bupati menyampaikan, peringatan hari jadi juga merupakan sebuah wahana untuk melakukan refleksi dan evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk lebih baik lagi.

"Kita tidak mau terjebak dengan yang namanya success trap, melainkan termotivasi untuk terus memperbaiki diri secara berkelanjutan," katanya.

Bupati menyebutkan, meskipun dalam situasi sulit di kala pandemi, Pemerintah Kabupaten Sumedang berhasil meraih  17 penghargaan tingkat nasional dan 17 tingkat provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Kartini 2022 Inspiratif Menyentuh Hati, Cocok Dijadikan Caption Media Sosial

Hasil dari capaian prestasi dan kinerja tersebut, Tahun 2022 ini Kabupaten Sumedang mendapat apresiasi sekaligus reward dari pemerintah pusat berupa Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp37 miliar yang terbesar diterima oleh kabupaten atau kota di Jawa Barat.

Selain itu, Kabupaten Sumedang juga mendapatkan apresiasi berupa dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan fisik berupa infrastruktur jalan sebesar Rp57 milar.

Capaian prestasi tersebut, lanjut Bupati, berdampak positif terhadap banyaknya kunjungan pemerintah daerah dan lembaga lainnya untuk melakukan studi tiru atas kemajuan yang diraih Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Lewat Teknologi Digital, Pedagang Pasar Perluas Jangkauan Pasar Se-Indonesia

Tentunya ksemua patut berbangga karena dalam tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi kini Sumedang menjadi termaju dan terdepan di Jawa Barat, bahkan di Indonesia.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x