Permintaan Domba Menjelang Idulfitri Naik 35 Persen, Bandar Blusukan ke Pelosok Desa

- 26 April 2022, 15:16 WIB
Permintaan domba jelang Idulfitri naik 35 persen
Permintaan domba jelang Idulfitri naik 35 persen /Dicky Mawardi/Galamedia/

GALAMEDIA - Permintaan domba atau kambing menjelang Idulfitri ikut mengalami kenaikan. Meski tidak sebanyak sapi, namun naik cukup signifikan.

Seperti disampaikan salah seorang peternak domba, Iwan Sujana permainan domba sudah mulai terjadi sejak beberapa hari lalu.

Ditandai dengan banyaknya bandar yang blusukan mencari petani domba ke pelosok-pelosok desa.

Baca Juga: Keutamaan 12 Rakaat Sholat Sunnah Rawatib, Apa Saja?

"Bandar membeli domba dari petani ataupun peternak untuk dijual lagi ke pedagang. Lumayan sekarang permintaan naik sekitar 35 persen, hanya memang stok barangnya terbatas," kata Iwan peternak domba asal Kampung Intake RT 03/RW 12, Desa/Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa 26 April 2022.

Bandar yang biasa mencari domba di Saguling berasal dari Kecamatan Cipongkor, Sindangkerta, Gununghalu, dan Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur.

Namun tidak semua petani dan peternak yang mau menjual domba miliknya. Banyak yang menahan diri, karena ingin menjualnya pada saat Iduladha.

Baca Juga: LUAR BIASA, Masa Kampanye Pemilu 2024 Mencapai 120 Hari

"Kalau dijual Iduladha, bobot dombanya bisa bertambah besar berarti pula harga jualnya jadi lebih tinggi. Tapi bagi yang butuh uang buat lebaran, mau tidak mau harus dijual sekarang,' ujarnya.

Domba dijual bukan per ekor, lanjut Iwan, namun berdasarkan bobot. Untuk domba dengan bobot 18-20 kilogram berada di kisaran Rp3 jutaan.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x