Kapolda Jabar Ungkap Puncak Arus Mudik Lebaran Telah Terlewati

- 30 April 2022, 19:57 WIB
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana.
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana. /Antara/

 

GALAMEDIA - Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengklaim adanya penurunan arus lalu lintas di Tol yang berada di Jabar, pada H-2, Sabtu 30 April 2022 dibanding pada Jumat, 29 April 2022.

"Kami melaporkan kepada masyarakat khususnya masyarakat Jabar terkait situasi terakhir arus lalu lintas jalan tol dari arah barat Jakarta yang menuju ke Jawa timur, ada yang nanti ke Jawa tengah melalui Cirebon dan ada juga yang melalui Bandung. Alhamdulillah, pantauan saya di lapangan dari pagi dan beberapa hari ini, sebagian besar arus mudik sudah melewati jalur cikatama, pantauan dua jam terakhir arus di cikatama yang memasuki jalan tol akan ke Bandung atau Cirebon jumlahnya tidak sebesar yang kemarin," kata Suntana saat menyambangi Posko Cikapayang, Jln. Ir H Djuanda usai melakukan pemantauan di Cikopo.

Suntana mengatakan, terjadi pengurangan arus volume kendaraan yang mengarah ke Timur atau ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Baca Juga: Mau Mudik ke Jakarta, Pemudik asal Bandung Tersesat hingga Masuk Kawasan Hutan

"Puncak arus mudik terjadi pada Jumat, kemarin. Berdasarkan data angka yang melalui jalan tol, kemarin cukup banyak hampir 100 ribuan yang melalui jalur tol, hari ini sampai sore ada sekitar 70 ribuan lebih, maka dari itu arus puncak mudik antara kemarin dengan hari ini," jelasnya.

Suntana pun mengatakan, H-2 lebaran Idul Fitri, kondisi arus lalu lintas di Jabar, dalam keadaan kondusif.

"Situasinya relatif lancar dan terkendali," terangnya.

Suntana mengakui, sempat terjadi sendatan kendaraan di jalur selatan. Setelah diterapkan oneway, kepadatan dapat terpecahkan.

"Jalur selatan Nagreg Garut tadi ada sedikit kepadatan tapi dengan Polda one way sudah berjalan dengan bagus dan situasinya relatif lancar dan terkendali," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x