Gegara Kritik Elon Musk, Space X Pecat 5 Karyawan

- 18 Juni 2022, 14:08 WIB
Ilustrasi SpaceX.
Ilustrasi SpaceX. /SpaceX/Unsplash/

GALAMEDIA - Lima karyawan perusahaan roket swasta SpaceX dipecat gegara
kedapatan menyusun dan mengedarkan surat yang mengkritik sang pendiri yakni Elon Musk.

Surat terbuka di SpaceX, pertama kali dilaporkan oleh The Verge, dirancang oleh karyawan SpaceX dalam beberapa minggu terakhir dan dibagikan sebagai lampiran dalam obrolan grup "Pendorong Moral" internal yang menyatukan ribuan karyawan

Sebelumnya dilaporkan bahwa SpaceX telah memecat karyawan yang terkait dengan surat itu, menurut tiga karyawan yang mengetahui situasi tersebut. Ia tidak merinci jumlah karyawan yang diberhentikan.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyenyak, Ini Tips untuk Penderita Insomia

Presiden SpaceX Gwynne Shotwell mengirim email yang mengatakan perusahaan telah menyelidiki dan "menghentikan sejumlah karyawan yang terlibat" dengan surat itu, kata New York Times.

Surat kabar itu mengatakan email Shotwell menunjukkan karyawan yang terlibat dalam mengedarkan surat itu telah dipecat karena membuat staf lain merasa "tidak nyaman, terintimidasi dan diintimidasi, dan/atau marah karena surat itu menekan mereka untuk menandatangani sesuatu yang tidak mencerminkan pandangan mereka".

Musk sedang mengejar tawaran 44 miliar dolar AS untuk Twitter dan telah memperjelas dukungannya terhadap kontrol yang lebih bebas pada pidato di situs tersebut.

Baca Juga: PPDB Zonasi Tujuannya untuk Tingkatkan Akses Layanan yang Berkeadilan

Pada hari Kamis (15/6) dia mengatakan kepada karyawan Twitter bahwa platform tersebut harus mengizinkan "hal-hal yang sangat keterlaluan" selama kontennya tidak ilegal.

Surat SpaceX, dengan judul "surat terbuka kepada Eksekutif SpaceX," menyebut Musk sebagai "gangguan dan rasa malu" bagi perusahaan yang ia dirikan.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x