Proyek Peningkatan Jalan Tertunda, DPU Fokus Bangun Jalur Sepeda

- 26 Juni 2020, 03:43 WIB
PENGEDARA sepeda memanfaatkan jalur khusus sepeda saat melintas.*
PENGEDARA sepeda memanfaatkan jalur khusus sepeda saat melintas.* /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar/


GALAMEDIA - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung terpaksa memangkas 75 persen anggaran kegiatannya pada masa pandemi Covid-19 (virus corona) ini. Pasalnya, sebagian besar kegiatan tidak bisa terlaksana secara optimal.

“Sekarang anggaran kami sisa Rp 186 miliar dari sekitar Rp 400 miliar,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Alam DPU Kota Bandung Yul Zulkarnaen pada acara Bandung Menjawab di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung, Kamis (25/6/2020).

Ia menyatakan, pemangkasan anggaran berdampak pada terhentinya sebagian besar pekerjaan DPU. Ada beberapa proyek yang mesti tertunda, seperti proyek pembuatan kolam retensi, peningkatan jalan, hingga pembangunan flyover.

Baca Juga: Orang Berutang Terbebas dari Utangnya Setelah Dipenjarakan?

“Jadi kami titik beratnya pada pemeliharaan. Kami membeli bahan material yang nanti pekerjaannya dilakukan secara swakelola,” jelasnya.

Beberapa waktu terakhir, DPU sedang fokus pada pembuatan marka jalan dan jalur sepeda untuk memfasilitasi animo pesepeda yang mulai meningkat. Selain itu, DPU juga bersiap membangun rute aman sekolah kendati sekolah masih libur.

“Kami telah membangun rute aman sekolah di seputaran sekolah sehingga bisa mendorong anak aman berjalan kaki ke sekolah, tidak perlu diantar oleh orang tua,” katanya.

Baca Juga: Banyak Warga Bandel, Pemkot Bandung Hari Ini Perluas Penutupan Jalan

Di sisi lain, program memperbanyak drumpori di wilayah-wilayah tetap gencar dilaksanakan. Program yang melibatkan berbagai komunitas itu dilakukan untuk mempersiapkan cadangan air yang ditampung saat musim hujan tiba.

“Kita terkadang saat musim hujan kelebihan air, waktu kemarau kekurangan air. Jadi kita maksimalkan pembangunan drumpori agar bisa menambah resapan air saat musim hujan untuk menambah air baku,” beber Yul.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x