Ribuan Bibit Pohon Disediakan Pemkot Cimahi untuk Jaga Konservasi RTH

- 2 Juli 2020, 19:42 WIB
/

 

GALAMEDIA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi terus berkomitmen menjaga konservasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Cimahi. Salah satunya dengan menyiapkan ribuan bibit pohon.

Ribuan bibit pohon itu disimpan di Posko Bibit (Bank Pohon) yang terletak di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah. Tercatat ada sekitar 1.900 bibit pohon yang dibibitkan di Posko Bibit.

"Kalau stok bibitnya ada sekitar 1.900 bibit. Bank (posko) Pohon ini sebagai stok kegiatan konservasi," terang Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Tak Terdaftar Penerima Bansos, Ratusan Seniman Sunda Dapat Bantuan Dampak Pandemi Virus Corona

Pohon yang dibibitkan di Posko Bibit yakni rambutan, mangga, jambu, asam jawa, mahoni, menteng, baros, cendana, terembesi, flamboyan, ketapang, kencana, puspa, kiara payung, alba, cempaka, karet munding, cemara, akasiamanium, caringin, tanjung, angsana, kersen, pala, dan gelodokan.

Dikatakan Ronny, ketersediaan bibit pohon itu didapat dari pengadaan (pembelian bibit), dan penanaman langsung. Meski memang lebih dominan pembelian. Sebab, kalau harus ditanam semua itu membutuhkan waktu yang lebih lama.

"Setiap tahun ada pembibitan. Kebanyakan memang pengadaan sekitar 70 persen, dan 30 persen lagi penanaman langsung," ujarnya.

Baca Juga: Pangdam III/Siliwangi, Jangan Percaya Kepada Pihak-Pihak Lain yang Janjikan Kelulusan

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X