Jabar Intens Lacak Kontak Erat Pasien Covid-19, Pegawai BPSDM Sudah Dites

- 5 Juli 2020, 15:44 WIB
Sekretaris GTPP Covid-19 Jabar Daud Achmad. (Dok. Humas Pemprov Jabar) /

GALAMEDIA - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat (Jabar) intens melacak kontak pasien positif Covid-19. Pelacakan kontak amat penting dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus mencegah ledakan jumlah kasus baru.

Termasuk pelacakan dan testing Covid-19 kepada pegawai Badan Pemberdayaan Sember Daya Manusia (BPSDM) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat. Langkah itu dilakukan setelah Kepala DKP, M. Solihin dinyatakan postif Covid-19 dan meninggal dunia pada Rabu, 1 Juli 2020.

"Dengan meninggalnya Pak Solihin kita langsung tracing. Artinya, siapa saja yang pernah kontak dengan Pak Solihin selama 14 hari ke belakang," ungkap Sekretaris GTPP ovid-19 Jabar, Daud Achmad, Ahad, 5 Juli 2020.

Baca Juga: Kasusnya Dikomentari Anak Buah AHY, Denny Siregar Mulai Sentil Partai Demokrat

Selain itu juga pihaknya langsung melakukan test swab ke pegawai di BPSDM. Rencananya pada Senin, 6 Juli 2020, GTPP akan melakukan tes kepada pegawai DKP. Pihaknya mendahulukan testing dan tracing di BPSDM, karena seminggu sebelumnya almarhum melakukan sertijab di Kantor BPSDM.

"Alhamdulillah, katanya semua yang dites hasilnya negatif. Kecuali ada satu yang invalid, tapi bukan reaktif. Hasilnya yang satu orang itu belum ada," kata Daud.

Menurutnya tes di DKP akan dilakukan sesuai dengann keperluan. Artinya, sejauhmana intensitas pegawai DKP dengan pasien positif. "Kalau pegawai yang intens berhubungan ya akan diswab test," tegasnya.

Baca Juga: Bejat! Pria Pemilik Warung di Padalarang Cabuli Tetangganya yang Baru Berusia 5 Tahun

Sementara itu, Ketua GTPP Covid-19 Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, konsistensi pelacakan kontak yang dilakukan pihaknya menjadi salah satu faktor sebaran SARS-CoV-2 di Jabar terkendali.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X