Almarhum Usep Romli Maestro Dimata Wartawan

- 8 Juli 2020, 16:21 WIB
Usep Romli /


GALAMEDIA - Kabar duka datang dari awak media dan budaya. Salah seorang wartawan senior sekaligus budayawan asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, Usep Romli (71) tutup usia di Klinik Al-Yamin Kecamatan Balubur Limbangan, Rabu 8 Juli 2020 pada pukul 09.50 WIB.

Menurut anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Garut, Tisna Wibawa, semasa hidupnya Usep Romli, merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pendidikan (Disdik).

Saat itu, almarhum getol menulis dan menjadi koresponden Mingguan Fusi (1972), Giwangkara (1972-197676), surat kabar Pelita (1977-1979), dan surat kabar Sipatahunan (1979-1980).

Baca Juga: Serempak Mulai Besok, Pemprov Jabar Distribusikan Bansos Tahap 2

Karena mencintai dunia jurnalistik, dia memilih keluar sebagai PNS dan bekerja menjadi wartawan di Surat Kabar terbesar di Jawa Barat (Pikiran Rakyat).

Usep Romli juga pernah bertugas ke Afghanistan untuk meliput terkait perlawanan kaum mujahidin melawan pendudukan Soviet-Rusia, Palestina dan Bosnia.

Tak hanya itu, lanjut Tisna, pria kelahiran 16 April 1949 ini dikenal juga sebagai penulis buku anak-anak dalam bahasa Indonesia dan Sunda.

Baca Juga: Warga Dianjurkan Bau Badan Sekalian, Bandel Tak Mau Juga Bermasker Jerman Terapkan Aturan Konyol

“Banyak karya-karya Beliau yang di bukukan dan dimuat di sejumlah media,” kata Tisna Wibawa.

“Semoga Beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. Jasa Beliau akan selalu terkenang oleh kita semua,” ucap Tisna Wibawa.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X