Hadiah untuk Jokowi, Pangeran Arab Bangun Masjid Mewah di Kota Solo

- 9 Juli 2020, 19:12 WIB
Presiden Jokowi dan Pangeran Abu Dhabi / Dok. Istana
Presiden Jokowi dan Pangeran Abu Dhabi / Dok. Istana /

GALAMEDIA - Sebuah masjid megah akan dibangun di Kota Solo, Jawa Tengah. Masjid itu merupakan hadiah dari seorang pangeran dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, untuk Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah.

Utusan Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab, Setyo Wisnu Broto mengatakan, peletakan batu pertama akan menandai dimulainya pembangunan masjid pada Desember 2020.

Baca Juga: Cek Poin di Kota Bandung Bakal Kembali Diaktifkan, Antisipasi Potensi Penularan Covid-19

Hari ini, Kamis, 9 Juli 2020, Setyo bersama sejumlah perwakilan melakukan pengukuran arah kiblat di calon lokasi pembangunan masjid, di Gilingan, Solo. Dia mengatakan, masjid bakal dibangun di atas lahan seluas 3 hektare.

Lokasi lahan merupakan bekas depo milik Pertamina. Saat ini, ujarnya, proses pembangunan masjid masih dalam tahap pelelangan.

Setyo menambahkan, desain masjid itu akan menyerupai bangunan Grand Mosque di Abu Dhabi. Biaya pembangunan masjid sekaligus gedung Islamic Center serta desainnya ditanggung semua oleh Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Baca Juga: Positif Corona di Jabar Hari Ini bertambah 962, Total Dekati Angka 5 Ribu Kasus

"Proses pembangunan, karena ini detail, mungkin dua tahun. Kalau bangunan secara fisik diperkirakan 1,5 tahun sudah selesai," tambahnya.

Setelah selesai berdiri, nantinya kompleks bangunan masjid dan Islamic Center itu diharapkan menjadi tujuan wisata religi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x