KBM Dimulai 13 Juli, Disdik Jabar Keluarkan Pedoman Belajar dari Rumah

- 10 Juli 2020, 17:17 WIB
Ilustrasi. (Pexels ) /


GALAMEDIA - Meskipun kegiatan belajar mengajar dimulai pada 13 Juli 2020 ini, namun Dinas Pendidikan Jabar memastikan bahwa pelaksanaannya masih dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Kegiatan belajar dari rumah (BDR) masih tetap dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19," ungka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi, Jumat 10 Juli 2020.

Melalui siaran persnya, Dedi mengatakan, pada masa pandemi ini yang sangat penting diperhatikan adalah keberlangsungan pendidikan siswa dan keterjaminan kesehatannya. Sehingga, metode pembelajaran BDR yang diberikan oleh guru tidak boleh membebani siswa dan merepotkan orang tua.

Baca Juga: Kasus Pusdikpom, GTPP Jabar Langsung Lakukan Penelitian Epidemiologi

"Waktunya juga ditentukan sesuai kesanggupan para peserta didik ketika belajar di rumah," jelas Dedi.

Untuk itu, katanya Disdik Jabar mengeluarkan Pedoman BDR bagi SMA, SMK, SLB di Provinsi Jawa Barat Tahun Ajaran 2020/2021. "Pedoman ini disusun memenuhi 6 prinsip, yakni fokus, adil, jelas, fleksibel, kolaboratif, dan berkarakter," ujarnya.

Dikatakan, adanya pedoman tersebut untuk memberi kepastian layanan pendidikan yang berkualitas selama diberlakukan BDR. "Pembelajaran pada masa BDR harus mampu mengaktifkan berbagai bakat bawaan yang dimiliki oleh peserta didik," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Pengawal Wali Kota Bandung Positif Covid-19

Menurut Dedi, pembelajaran yang dilakukan oleh para guru pun harus memperhatikan psikologis peserta didik serta mendorong mereka agar mengaktualisasikan dirinya secara mandiri dan bertanggung jawab. Panduan pembelajaran pada masa BDR ini juga untuk menjaga pembelajaran tetap menyenangkan dan memotivasi siswa agar berkarakter mandiri.

"Pembelajaran harus variatif dan mengaktifkan seluruh kecerdasan yang dimiliki peserta didik," ucap Kadisdik.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X