Heboh, Peneliti LIPI Temukan 'Kecoa Raksasa' di Selat Sunda

- 15 Juli 2020, 15:26 WIB
PENELITI  LIPI memegang binatang laut berjenis udang-udangan yang mirip kecoak raksasa.*
PENELITI LIPI memegang binatang laut berjenis udang-udangan yang mirip kecoak raksasa.* /Instagram @lkcnhm

GALAMEDIA - Temuan baru didapatkan para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Seekor krustasea (udang-udangan) Bathynomus raksasa jenis baru ditemukan dan diklaim yang pertama dari laut Indonesia.

Lokasi penemuan berada di Selat Sunda dan selatan Pulau Jawa pada kedalaman 957-1.259 meter di bawah permukaan laut.

Spesies ini, disebut LIPI dalam keterangan tertulisnya sebagai 'kecoa raksasa'. Ukuran tubuhnya masuk dalam kategori besar (giant) dan sangat besar (super giant) yang dapat mencapai di atas 15 cm pada usia dewasa.

Baca Juga: Dicemaskan Indonesia dan Dirasakan Singapura, Apa Itu Resesi?

Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Conni Margaretha Sidabalo mengatakan, ukuran 'kecoa raksasa' itu memang sangat besar dan menduduki posisi kedua terbesar dari genus Bathynomus.

"Penemuan Bathynomus pertama dari laut dalam Indonesia ini sangat penting bagi riset taksonomi krustasea laut dalam, mengingat langkanya riset sejenis di Indonesia," ujar Conni.

Dijelaskan Conni, spesies Bathynomus raksasa ditemukan saat kegiatan ekspedisi South Java Deep Sea Biodiversity Expedition (SJADES). Itu merupakan ekspedisi LIPI bersama National University of Singapore dengan koordinator penelitian Dwi Listyo Rahayu dan Peter Ng pada 2018.

Baca Juga: Kylie Jenner Posting Mie Instan, Netizen +62: Harga Diri Anak Kos Meningkat

Conni menjelaskan, ekspedisi SJADES juga memperoleh empat spesimen Bathynomus pra-dewasa dan muda dari perairan Selat Sunda dan selatan Jawa.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x