Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Setiap Malam, Bisa Menyelamatkan dari Siksa Kubur

- 3 Februari 2023, 08:04 WIB
Keutamaan membaca Surah Al-Mulk secara rutin setiap malam. /Pexels @Thirdman
Keutamaan membaca Surah Al-Mulk secara rutin setiap malam. /Pexels @Thirdman /



GALAMEDIANEWS - Surah Al-Mulk, menjadi salah satu surah dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan membaca yang sangat luar biasa.

Salah satu keutamaan membaca Surah Al-Mulk setiap malam secara rutin adalah mampu memberikan perlindungan kepada pembacanya dari siksa kubur.

Meski pada umumnya bisa dibaca kapan saja, akan tetapi saat Surah Al-Mulk ini dibaca pada malam hari atau sebelum tidur, maka bisa memberikan keutamaan membaca yang lebih utama.

Baca Juga: NONTON Anime Shin Shinka no Mi Season 2 Episode 4 Sub Indo TERBARU Bukan Otakudesu Anoboy, Streaming Disini

Surat Al-Mulk menjadi surah pembuka juz 29 dan termasuk surat Makkiyah yang terdiri dari 30 ayat. Dalam sebuah riwayat menjelaskan bahwa surat Al Mulk bisa menyelamatkan seseorang dari siksa kubur

Rasulullah SAW bersabda:

عن عبد الله بن مسعود -رضي الله عنه- أنّه قال: مَن قرأ تبارك الذي بيده الملك كلَّ ليلة منعَه اللهُ بها من عذاب القبر، وكنّا في عهد رسولِ الله -صلّى الله عليه وسلّم- نسمّيها المانعة؛ لِما تمنعُ عن صاحبها من شرٍّ وتنجيه من العذاب والألم في القبر ويومِ القيامة

Dari Abdullah bin Mas'ud ra, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca Tabarokalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan mencegahnya dari siksa kubur. Dan para Sahabat Rasulullah SAW menamainya dengan surah Al-Mani'ah (penyelamat dari siksa kubur). Sebagaimana dapat mencegah datangnya perbuatan jahat, menghalau siksa kubur dan siksaan di Hari Kiamat.”

Mengutip dari YouTube Al Bahjah TV “Keutamaan Surat Al Mulk - Hikmah Buya Yahya” 2 Agustus 2018, Buya Yahya menjelaskan perihal keutamaan Surat Al Mulk lebih lanjut.

Mereka yang mau membaca salah satu surah dalam Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat, yaitu Surah Al-Mulk, maka akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah.  

“Barang siapa membaca Al-Quran satu surah, dan surah ini 30 ayat. Maka akan memberikan syafaat kepada pembacanya sampai diampuni oleh Allah. Yaitu surah Tabarak,” kata Buya Yahya menjelaskan.

Baca Juga: NONTON Anime Isekai Nonbiri Nouka Episode 5 Sub Indo, Link Gratis Full HD Bukan Otakudesu, Download Disini

Buya Yahya juga menjelaskan, jika dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa mereka yang membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka Allah akan menghalangi orang tersebut dari siksa kubur.

“Yang membaca Tabarak setiap malam, maka ini akan menjadi sebab Allah menghindarkan dia daripada siksa kubur. Siksa kubur yang sangat mengerikan,” ujarnya menjelaskan.

Selanjutnya dalam hadits lain juga dijelaskan bahwasanya Surah Al-Mulk akan membela pembacanya sampai ia masuk ke dalam Surga.

“Ada surah dalam Al-Quran yang akan membela pembacanya sampai masuk surga, yaitu Tabarokalladzi mulku,” sambung Buya Yahya

Maka dari itu, Buya Yahya menegaskan agar selalu membacanya pada malam hari baik setelah waktu magrib, isya’, atau sebelum tidur. ***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Al Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x