Update Gempa Turki: Korban Jiwa Mencapai 9000-an, Keadaan Darurat Diberlakukan

- 9 Februari 2023, 15:33 WIB
Update jumlah korban gempa Turki
Update jumlah korban gempa Turki /Twitter @HalemaTurkey/

GALAMEDIANEWS – Jumlah korban bencana alam gempa bumi yang berpusat di Turki selatan itu terus bertambah. Penambahan itu terdiri dari korban jiwa maupun korban luka – luka.

Pada hari Rabu tanggal 8 Februari 2023 melalui kantor berita Anadolu Agency, kabar baru dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa korban jiwa akibat bencana gempa bumi yang terjadi di Turki ini bertambah. Sehingga korban jiwa akibat bencana alam gempa bumi ini sebanyak 9.057 (Sembilan ribu lima puluh tujuh) korban jiwa.

Selain itu, pada jumlah korban luka – luka juga mengalami peningkatan. Menurut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan jumlah korban luka – luka akibat bencana alam gempa bumi ini sebanyak 52.979 (Lima puluh dua ribu Sembilan ratus tujuh puluh sembilan) korban luka – luka.

Selain itu, untuk informasi bangunan di Turki yang ambruk akibat bencana alam gempa bumi ini, menurut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Rabu 8 Februari 2023  ada total 6.444 (Enam ribu empat ratus empat) bangunan yang hancur akibat bencana alam gempa bumi.

Baca Juga: Gempa Turki dan Suriah: Jumlah Korban Tewas Diperkirakan akan Terus Meningkat

Baca Juga: Update Gempa Turki : Korban Meninggal Tembus Angka 8.000-an

Bukan hanya di negara Turki, beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, merasakan getaran kuat yang melanda negara Turki dalam waktu kurang dari 10 (Sepuluh) jam.

Sebelumnya telah terjadi Gempa bumi yang berkekuatan 7,7 dan 7,6 Skala Richter. Gempa bumi ini berpusat di provinsi Kahramanmaras, melanda 10 (Sepuluh) provinsi dan berdampak pada lebih dari 13 (Tiga belas) juta orang.

Dari 10 (Sepuluh) Provinsi di Turki yang dilanda gempa bumi, Provinsi Hatay merupakan salah satu Provinsi terparah akibat gempa bumi yang melanda negara Turki. Upaya evakuasi korban bencana terus dilakukan di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: aa.com.tr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x