Mata-mata Rusia di Kedutaan Inggris Ditangkap, dan 'Merasa Malu' di Pengadilan London

- 15 Februari 2023, 15:41 WIB
Gedung Rolls, yang digunakan oleh Pengadilan Tinggi Inggris, terlihat di London, Inggris/REUTERS/Raphael Satter
Gedung Rolls, yang digunakan oleh Pengadilan Tinggi Inggris, terlihat di London, Inggris/REUTERS/Raphael Satter /

 

GALAMEDIANEWS - Seorang petugas keamanan yang mengumpulkan informasi rahasia di Kedutaan Besar Inggris di Berlin dan memberikan sebagian informasi tersebut kepada pemerintah Rusia.

Namun kepada pengadilan London pada 14 Mei, ia merasa jijik dengan dirinya sendiri dan malu dengan apa yang telah ia lakukan.

David Ballantyne Smith (58), mengatakan, ia mulai mengumpulkan informasi rahasia tersebut "untuk memberi pelajaran kepada kedutaan" ketika ia bertengkar dengan rekan-rekannya dan menjadi depresi.

Baca Juga: Rusia Menahan Setidaknya 6.000 Anak-Anak Ukraina Untuk Tujuan Pendidikan Ulang Politik

"Saya meminta maaf atas gangguan yang telah saya timbulkan kepada siapa pun," katanya kepada Old Bailey di London. "Saya tidak pernah bermaksud menyakiti siapapun. Saya hanya merasa kesal dan ingin mempermalukan kedutaan."

Sebagaimana dilansir melalui Reuters, Rabu 15 Februari 2023, Smith mengaku bersalah pada November lalu atas delapan dakwaan melanggar Undang-Undang Rahasia Negara, termasuk dakwaan terkait pemberian informasi kepada Mayor Jenderal Sergey Chukhrov, atase militer Rusia di Berlin, pada November 2020.

Tujuh dakwaan lainnya terkait dengan pengumpulan informasi yang berguna bagi Rusia, empat di antaranya terkait dengan petugas MI5 yang menyamar sebagai "Dmitry" Rusia yang dicurigai membantu Inggris.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries Hari ini 15 Februari 2023: Kamu Sedang Sangat Emosional Ya?

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x