Antartika: Arus Hangat Menghancurkan Gletser Thwaites, Apa Konsekuensinya?

- 16 Februari 2023, 09:55 WIB
Arus hangat menghancurkan gletser Thwaites. Ilustrasi gletser ice nature
Arus hangat menghancurkan gletser Thwaites. Ilustrasi gletser ice nature /Pixabay.com/Luis Valiente/

GALAMEDIANEWS - Jika gletser mencair, permukaan air laut global bisa naik lebih dari setengah meter. Namun, para ilmuwan yang mempelajari erosi ini mengatakan bahwa ada kabar baik dan kabar buruk.

Gletser Thwaites, juga dikenal sebagai Gletser Thwaites Barat, adalah gletser di Antartika Barat. Perkembangan dan kestabilannya telah menyebabkan para ilmuwan dan pemerhati lingkungan khawatir, karena telah mempengaruhi kenaikan permukaan laut di seluruh dunia, menyebabkan bencana alam seperti banjir, terutama di daerah pesisir.

Baca Juga: Antartika Mencair: Luas Lapisan Es di Laut Antartika Menyusut dalam 40 Tahun Terakhir

Gletser Thwaites diperkirakan mengandung es yang cukup untuk menaikkan permukaan laut global sebesar 65 cm jika mencair sepenuhnya. Selain itu, para ilmuwan telah menemukan bahwa jumlah es di Gletser Thwaites terus menurun dalam beberapa dekade terakhir.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pemanasan global dan pemanasan arus laut di sekitarnya. Para ilmuwan terus mempelajari dan memantau kondisi Gletser Thwaites untuk lebih memahami bagaimana pengaruhnya terhadap kenaikan permukaan air laut global.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications pada Februari 2022, Gletser Thwaites tidak mengalami kehilangan massa es yang signifikan pada tahun 2021.

Hasil ini menunjukkan bahwa kehilangan massa es yang signifikan di Gletser Thwaites, seperti yang diperkirakan oleh para ilmuwan, tidak terjadi dengan cepat.

Air hangat merembes ke titik lemah di Gletser Thwaites raksasa Antartika, mengintensifkan pencairan yang disebabkan oleh kenaikan suhu, demikian hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: DW News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x