Retakan Raksasa di Antartika Lahirkan Gunung Es Seukuran Manhattan, Dunia Terancam?

- 27 Februari 2021, 19:26 WIB
Tim di Halley Research Station di Brunt Ice Shelf mengambil foto udara dari retakan North Rick pada Januari 2021. /Halley team/British Antarctic Survey
Tim di Halley Research Station di Brunt Ice Shelf mengambil foto udara dari retakan North Rick pada Januari 2021. /Halley team/British Antarctic Survey /

GALAMEDIA - Sebuah gunung es raksasa yang lebih dari 20 kali ukuran Kota Manhattan, Amerika Serikat, baru saja terlepas dari Antarctica's Brunt Ice Shelf atau Rak Es Brunt Antartika.

Pelepasan yang terlihat dramatis terjadi setelah retakan besar terbentuk di Rak Es Brunt pada November 2020 lalu dan terus tumbuh hingga gunung es akhirnya putus pada Jumat pagi, 26 Februari 2021.

Dilansir Galamedia dari Live Science pada 27 Februari 2021, British Antarctic Survey (BAS) benar-benar mengharapkan perpecahan tersebut.

Baca Juga: Jaksa yang Menyidangkan Buni Yani, Irfan Wibowo Jadi Kepala Kejari Muara Enim Sumsel

"Tim kami di BAS telah dipersiapkan untuk melahirkan gunung es dari Brunt Ice Shelf selama bertahun-tahun," kata Dame Jane Francis, direktur BAS, dalam sebuah pernyataan.

"Selama beberapa minggu atau bulan mendatang, gunung es mungkin menjauh atau bisa kandas dan tetap dekat dengan Rak Es Brunt," tegasnya.

Gunung es adalah potongan es yang pecah dari gletser atau rak es dan sekarang mengambang di perairan terbuka, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration.

Retakan North Rift tumbuh ke arah timur laut dengan kecepatan sekitar 0,6 mil (1 km) per hari di bulan Januari, tetapi pada pagi hari tanggal 26 Februari, retakan melebar beberapa ratus meter hanya dalam beberapa jam.

Baca Juga: Kabar Duka, Pemeran Paman Tat dalam Film Boboho dan Sahabat Stephen Chow Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X