Pilot Susi Air Masih Disandera KKB Papua, Operasi Militer Siap Membebaskan Jika Negosiasi Gagal

- 16 Februari 2023, 21:24 WIB
Ilustrasi operasi militer.
Ilustrasi operasi militer. /Diego Gonzalez/Unsplash/

GALAMEDIANEWS – Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua masih menyandera Pilot dari maskapai Susi Air. Sebelumnya pesawat dengan maskapai Susi Air dibajak oleh separatis Kelompok Kriminal Bersenjata Papua.

Mereka membajak pesawat dari maskapai Susi Air pada tanggal 7 Februari 2023. Selain dibajak pesawatnya juga dibakar oleh separatis KKB Papua tersebut. Baru – baru ini, pihak KKB Papua merilis video yang menampakan wajah sang Pilot yang sedang disandera.

Dalam video tersebut, Pilot Susi Air berkewarganegaraan Selandia Baru itu terlihat sehat dan dalam keadaan baik – baik saja. Menurut separatis KKB Papua, mereka tidak akan melepaskan Pilot Susi Air tersebut. Pilot yang berkewarganegaraan Selandia Baru itu baru dilepaskan Ketika Papua diberikan kemerdekaan oleh Indonesia.

Pilot yang bernama Philip Mehrtens, yang menerbangkan pesawat yang dioperasikan oleh maskapai Susi Air. Pesawat tersebut terbang ke daerah dan mendarat di wilayah Nduga. Wilayah Nduga itu merupakan wilayah terpencil dan diduga menjadi salah satu basis pertahanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua ini.

Baca Juga: LINK NONTON Film High and Low The Worst X Cross Sub Indo Full 2 Jam: Sinopsis, Pemeran, dan Jadwal Tayang

Seorang petinggi KKB Papua yang bernama Sebby Sambom membagikan video penyanderaan Pilot Susi Air itu. Dari video tersebut dibagikan pada hari Rabu tanggal 15 Februari 2023 artinya sudah seminggu Pilot itu disandera separatis KKB Papua. Nampak keadaan sang Pilot baik – baik saja sambil mengenakan jaket jeans, celana pendek, serta dikelilingi anggota KKB Papua sambil memegang senjata mereka masing – masing.

Menurut sang Pilot Philip Mehrtens mengatakan bahwa KKB Papua meminta penarikan militer Indonesia dari Papua, jika tidak, dia akan ditahan seumur hidup."Militer Papua yang telah menangkap saya untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua, mereka meminta militer Indonesia untuk pulang ke Indonesia dan jika tidak, saya akan tetap menjadi tawanan seumur hidup saya,” Ucap Pilot Susi Air Philip Mehrtens dalam Video tersebut. Di dalam video tersebut, Nampak pengibaran Bendera Bintang Kejora yang merupakan Bendera Papua Merdeka

Dilansir dari laman berita Reuters, opsi operasi militer siap dilakukan jika proses negosiasi menemukan jalan buntu dan sang Pilot masih disandera. Menurut Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Muhammad Saleh Mustafa, Indonesia saat ini mengambil pendekatan lunak untuk mencoba memecahkan kebuntuan.

Baca Juga: Demon Slayer Season 3 Segera Dirilis, Dua Sosok Ini Bakal Mengalami Kematian

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x