Hari Raya Idul Adha Jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, Pengamanan di Kota Mekah Diperketat

- 21 Juli 2020, 08:53 WIB
Polisi Arab Saudi perketat pengawasan di Kota Mekah.
Polisi Arab Saudi perketat pengawasan di Kota Mekah. /


GALAMEDIA -  Mahkamah Agung Arab Saudi pada Senin (20/7/2020) waktu setempat mengumumkan bulan Dzulhijjah akan dimulai pada Rabu (22/7/2020) dan wukuf  akan jatuh pada Kamis (30/7/2020). Dengan begitu, hari raya Idul Adha akan jatuh pada Jumat (31/7/2020).

Jemaah yang memenuhi syarat untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah tujuh hari sebelum berangkat ke Mekah untuk menunaikan haji. Otoritas Arab Saudi memastikan sudah mengambil langkah-langkah untuk mengamankan dan menjaga keselamatan mereka yang haji di tengah pandemik virus corona ini.

Baca Juga: Terkini: Harga Emas Hari Ini, Naik Terus Gak Pernah Turun

Dikutip dari arabnews.com, Eid bin Saad Al-Otaibi, Direktur Kepolisian untuk kawasan Mekah mengatakan pihaknya juga akan membuat langkah pengamanan demi mencegah mereka yang tidak punya izin, masuk ke kota suci Mekah. Aparat keamanan dipastikan berjaga di titik-titik jalan yang mengarah ke kota Mekah.

Menurut Eid bin Saad Al-Otaibi, pos pemeriksaan yang sudah ada, akan ditambah dan penambahan ini cukup banyak seperti penambahan di jalan-jalan sekitar kota suci Mekah dan kota-kota lain disekitarnya. Patroli akan dilakukan di jalan-jalan utama yang mengarah ke kota Mekah demi mencegah terjadinya pelanggaran.         

Eid bin Saad Al-Otaibi menjelaskan ada 32 zona larangan yang sudah diberlakukan, pemantauan juga akan diperketat di area bukit-bukit seperti Jabal Rahmah dan rumah-rumah singgah demi menghentikan upaya orang-orang yang ingin menyelundup menjadi jamaah haji.

Baca Juga: Dampak Corona Posisi Bill Gates Tergeser pada Daftar Orang Terkaya di Dunia

“Segala upaya dilakukan untuk memutus kampanye haji palsu,” kata Eid bin Saad Al-Otaibi.

Semasa pandemik virus corona ini, hanya mereka yang sudah punya izin memasuki Mekah dan Madina yang boleh menjalankan ibadah haji. Setiap pelanggaran yang dilakukan akan dikenai penalti.

Eid bin Saad Al-Otaibi mendesak masyarakat yang terpilih untuk berhaji dan tidak bisa berangkat haji, agar sama-sama mematuhi aturan demi keamanan semua orang selama musim haji ini.

Baca Juga: Juventus vs Lazio: Christiano Ronaldo Nyaris Ciptakan Hattrick, Titel Juara Kian Dekat

Sekitar 160 calon jamaah haji dari berbagai warga negara terpilih menunaikan ibadah haji di tengah pandemik virus corona ini. Ke-160 calon jamaah itu adalah mereka yang saat ini menetap di Kerajaan Arab Saudi.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x