Jokowi Sebut Event Internasional Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Bangun Brand Daerah dan Menggeliatkan Ekonomi

- 26 Februari 2023, 20:55 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai menyaksikan F! Powerboat, di Danau Toba, Sumut, Minggu (26/02/2023)/BPMI Setpres
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai menyaksikan F! Powerboat, di Danau Toba, Sumut, Minggu (26/02/2023)/BPMI Setpres /

GALAMEDIANEWS - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa ajang internasional seperti balapan F1H2O/Powerboat akan mampu membangun brand daerah yang menjadi tuan rumah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai menyaksikan balapan F1H2O di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu, 26 Februari 2023

"Harapan kami, event-event internasional ini bisa membangun brand masing-masing daerah. Di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike, saya kira ini akan menggeliatkan ekonomi di daerah. Bagus sekali," kata presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa dengan adanya event internasional tersebut, maka akan tumbuh bisnis-bisnis pendukung seperti hotel dan restoran.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Tottenham Hotspur vs Chelsea di Liga Inggris, Sesaat Lagi Pertandingan Berlangsung

"Kalau sudah penuh seperti ini, dalam satu tahun, dua tahun, tiga tahun, akan dibangun hotel-hotel baru karena memang ada kebutuhan, akan ada restoran-restoran baru, akan ada pertumbuhan ekonomi di kawasan-kawasan wisata yang super prioritas itu," jelasnya.

Menurut presiden, pemerintah juga terus menjajaki berbagai event berbasis olahraga internasional yang dapat diselenggarakan di Indonesia. Saat ini, presiden mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan tim untuk membawa balapan Formula Satu ke Indonesia.

"Ya kita jajaki semuanya karena ini akan membawa brand-brand yang kuat seperti F1 Powerboat, ini juga tidak mudah. Kami juga ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia juga, mungkin paling cepat tahun depan. Ini baru penjajakan, kita baru menyiapkan tim untuk ke sana," ujarnya.

Presiden juga berharap nantinya akan ada pembalap atau tim dari Indonesia yang bisa ikut serta dalam balapan internasional seperti MotoGP, F1 atau F1H2O. Untuk saat ini, lanjut Presiden, ajang balap internasional setidaknya akan berdampak pada destinasi wisata super prioritas yang menjadi tempat penyelenggaraan.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x