Waduh, Delapan ASN di Kabupaten Bandung Positif Covid-19

- 29 Juli 2020, 17:57 WIB
Ilustrasi corona.*pixabay
Ilustrasi corona.*pixabay /

GALAMEDIA - Sedikitnya delapan orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 (virus corona). Adanya ASN yang positif Covid-19 tersebut didapat dari hasil swab test.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bandung, Yudi Abdurrahman menuturkan, delapan ASN yang terkonfirmasi positif itu antara lain dua orang dari Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan), seorang dari Dinas Sosial (Dinsos), seorang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan empat orang yang berprofesi sebagai tenaga medis di RSUD Soreang.

"Tenaga medis itu dua orang dokter dan dua orang perawat," kata Yudi saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Personel Kodim 0612/Tasikmalaya dan Keluarga Diberikan Pengertian Soal Paham Radikalisme

Semua ASN dan tenaga medis yang positif Covid-19, kata Yudi, sudah mendapatkan perawatan dan melakukan isolasi. Selain itu swab test dan tracing juga sudah dilakukan kepada kontak erat pasien positif tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Bandung, Grace Mediana Purnami membenarkan kabar tersebut. Untuk tenaga medis, kata Grace, sudah menjalani isolasi.

"Ada yang diisolasi di Balai Latihan Kerja (BLK) Baleendah, ada juga yang isolasi mandiri. Baik pasien yang merupakan pegawai di dinas Kabupaten Bandung," kata dia.

Baca Juga: Ratusan Armada China Terpantau di Kepulauan Galapagos, Ekuador dalam Kondisi Siaga

Grace menambahkan, swab test kepada seluruh pegawai di tiga dinas yang diketahui pegawainya terpapar Covid-19, juga telah dilakukan. Tracing pun sudah dilakukan ke kontak erat masing-masing pasien.

Sementara poliklinik di RSUD Soreang yang ditangani oleh dokter dan perawat yang positif Covid-19 juga sudah ditutup untuk sementara waktu. Penutupan dilakukan hingga hasil tracing selesai hingga hasil swab test keempat orang tersebut negatif.

Sekretaris Dispakan Kabupaten Bandung, Atep Dedi Kurnia mengaku kantornya sudah ditutup sejak 23 Juli 2020 menyusul adanya salah seorang pegawai yang positif Covid-19.

Baca Juga: Perhatikan Tanda Keluar Asap Putih Pada Motor 4-Tak, Anda Harus Segera ke Bengkel

Menurutnya, saat ini pegawai Dispakan Kabupaten Bandung sudah negatif Covid-19 setelah hasil swab test ketiga keluar. Sehingga, kantor akan dibuka kembali pada Senin 3 Agustus 2020.

"Sementara kantor kemarin ditutup, pegawai tetap bekerja dengan menerapkan work form home," kata Atep.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x