Musuh Mohammed bin Salman Dihukum Ringan, 10 Hakim Kerajaan Arab Saudi Terancam Hukuman Mati

- 16 Maret 2023, 22:11 WIB
Mohammed bin Salman.
Mohammed bin Salman. /Tangkapan layar mohammed_bin_salman_ksa/

 

GALAMEDIANEWS - 10 hakim di Kerajaan Arab Saudi dituduh melakukan pengkhianatan sehingga terancam mendapat hukuman mati. Para hakim tersebut diduga menjadi musuh Perdana Menteri Mohammed bin Salman.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi mempunyai Pengadilan Pidana Khusus atau The Specialized Criminal Court/SCC yang awalnya dibentuk pada 2008 untuk mengadili kasus-kasus terkait terorisme.

Akan tetapi sejauh ini terkesan sering digunakan untuk menghukum perbedaan pendapat dan melakukan pembersihan terhadap yang dianggap sebagai musuh dari putra mahkota Mohammed bin Salman.

Dilaporkan The Washington Post, Kamis, 16 Maret 2023, diungkapkan bahwa 10 hakim tersebut dihukum karena mereka dianggap terlalu “lembek” oleh MBS dan tidak cukup keras dalam menjatuhkan hukuman penjara, kepada orang-orang yang berani mengkritik MBS.

Baca Juga: Soal Aturan Angkutan Barang pada Lebaran 2023, Begini Penjelasan Kemenhub

Kabar tentang kasus hakim telah dibocorkan oleh sumber ke grup Democracy for the Arab World Now, atau DAWN, yang didirikan oleh Jamal Khashoggi, kolumnis kontributor The Post, dan beberapa temannya. Namun Khashoggi dibunuh di tangan regu pembunuh Saudi di konsulat kerajaan di Istanbul Turki pada 2 Oktober 2018.

Walau begitu, dikabarkan para hakim tersebut tidak sepenuhnya memiliki tangan yang bersih. Salah satunya, Abdullah bin Khaled al-Luhaidan, yang bertanggung jawab atas tuduhan terorisme tak berdasar terhadap Loujain al-Hathloul, seorang aktivis hak-hak perempuan yang memimpin kampanye agar perempuan bisa mengemudi.

Baca Juga: Spoiler Chapter 79 Jelaskan Betapa Buruknya Hubungan Boruto dan Kawaki

Dia didakwa "menghasut perubahan pada rezim penguasa dasar" dan dijatuhi hukuman lima tahun delapan bulan penjara, dan dibebaskan bersyarat setelah tiga tahun.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x