Nilai Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Menurun

- 5 Agustus 2020, 19:13 WIB
/

GALAMEDIA - Kementerian Sosial RI menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Gelombang II kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Kota Bandung.

Bantuan BST Gelombang II dilakukan secara serentak di Indonesia, dengan nilai sebesar Rp300 ribu kepada 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama enam bulan, yakni sejak bulan Juli hingga Desember 2020.

Menteri Sosial, Juliari P. Batubara mengatakan, penurunan nilai bantuan BST, karena mulai bergulirnya bantuan lain dari pemerintah kepada warga terdampak Covid-19.

"Jadi program ini merupakan kelanjutan dari BST sebelumnya dengan nilai sebesar Rp600.000 per bulan yang telah dibagikan melalui tiga tahap. Jumlah anggaran yang kami gelontorkan untuk BST gelombang I dan II mencapai Rp 32,5 triliun rupiah," ungkapnya usai penyaluran BST di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Cikutra, Jl. PHH Mustopa, Kota Bandung, Rabu, 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Siswa Tidak Punya Smartphone, Guru di SMP Ini pilih Datangi Rumah Siswa untuk Mengajar

Menurutnya, program ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19, terutama yang belum terdaftar sebagai penerima Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Dikatakannya, melalui program BST, juga untuk meningkatkan daya beli dan menggerakkan ekonomi masyarakat. Termasuk dukungan kepada pemerintah daerah, dalam stimulus ekonomi ditengah pandemi Covid-19.

"Untuk para penerima bantuan BST Gelombang II, merupakan keluarga yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ataupun yang diusulkan pemerintah daerah," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Ayah di Garut Curi HP Agar Anaknya Bisa Belajar Daring Jadi Viral, Bantuan Mulai Berdatangan

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X