Gerhana Matahari Total Terjadi pada 20 April 2023, Kemenag Mengajak Masyarakat untuk Shalat Kusuf

- 18 April 2023, 17:32 WIB
Petugas Observatorium Ilmu Falak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC). Saat terjadinya gerhana matahari total, kemenag mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat kusuf/ANTARA FOTO/Rahmad/hp.
Petugas Observatorium Ilmu Falak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC). Saat terjadinya gerhana matahari total, kemenag mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat kusuf/ANTARA FOTO/Rahmad/hp. /

GALAMEDIANEWS - Gerhana matahari total terjadi pada 20 April 2023. Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk melaksanakan shalat gerhana atau shalat sunah kusuf pada saat terjadinya gerhana matahari hibrida tersebut.

"Insyaallah pada 20 April 2023, bertepatan dengan hari ke-29 Ramadhan 1444 Hijriah, akan terjadi gerhana matahari total di seluruh wilayah Indonesia," kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin di Jakarta, Selasa 18 April 2023.

Baca Juga: Spoiler One Piece 1081: Aokiji Kewalahan Menghadapi Garp dan Law Kalah dari Kurohige

Gerhana matahari total tersebut, atau Kusuf as-Syams, diperkirakan akan terjadi pada 20 April 2023. Menurut data astronomi, gerhana hibrida akan terjadi di Indonesia (dengan pengecualian di beberapa bagian provinsi utara Aceh).

Gerhana matahari terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam posisi sejajar. Gerhana hibrida terdiri dari dua jenis gerhana, yaitu gerhana cincin dan gerhana total.

Di beberapa tempat, piringan Bulan lebih kecil daripada piringan Matahari jika dilihat dari Bumi, sehingga Matahari tampak seperti cincin, gelap di bagian tengah dan terang di bagian tepinya.

Di tempat lain, piringan Bulan sama besar dengan piringan Matahari jika dilihat dari Bumi, sehingga Matahari terhalang oleh Bulan.

Menurut Kamaruddin, waktu awal gerhana hibrida di Indonesia akan terjadi pada pukul 09.26 WIB di Jawa Barat, dan waktu kontak paling akhir pada pukul 15.30 WIB di Papua.

Baca Juga: Nomor Telepon Penting Mudik Lebaran 2023

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x