Sekelompok Pria Bermotor dan Bersenjata, Bunuh Enam Warga Prancis di Taman Safari Jerapah

- 10 Agustus 2020, 09:52 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /



GALAMEDIA - Sekelompok pria bersenjata bersepeda motor menyerang Enam petugas bantuan berkewarganegaraan Prancis, satu pemandu, dan satu sopir, Minggu, 9 Agustus 2020. Dalam kejadian di sebuah taman safari di Niger ini, ke enam warga prancis itu tewas.

Gubernur wilayah Tillaberi, Tidjani Ibrahim Katiella, kepada Reuters dan dilansirkan Antara, Senin, 10 Agustus 2020, mereka diserang di taman safari jerapah di 65 kilometer dari ibu kota negara Afrika Barat.

"Keenam warga Prancis itu bekerja untuk sebuah organisasi bantuan internasional," kata Menteri Pertahanan Niger Issoufou Katambo.

Baca Juga: Demonstran Antri Pemerintahan dan Polisi Bentrok, Dua Menteri Lebanon Mundur

Sebelumnya, beberapa pejabat menyebut para warga Prancis itu sebagai wisatawan.

Secara terpisah, juru bicara organisasi bantuan kemanusiaan Prancis ACTED mengatakan stafnya menjadi korban.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

Baca Juga: Tidak Cukup Niat, Coba Amalkan Doa Ini Jika Susah menjauhi Perbuatan Maksiat

Namun, Prancis dan negara-negara lainnya telah memperingatkan orang-orang untuk tidak melakukan perjalanan ke berbagai wilayah di Niger tempat kelompok-kelompok militan, termasuk Boko Haram dan kelompok jaringan ISIS, beroperasi.

Kantor Presiden Prancis, Emmanuel Macron membenarkan, sejumlah warga negara Prancis tewas dibunuh di Niger. Macron telah berbicara melalui telepon dengan Presiden Niger Mahamadou Issoufou, namun belum memberikan keterangan rinci.

Asosiasi Pemandu Taman Safari Jerapah Koure mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa para penyerang adalah "kelompok teroris".

Baca Juga: 18 Agustus 2020 Akan Diputuskan Sekolah di Jawa Barat yang Bisa Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Pernyataan juga menyebutkan bahwa ketua asosiasi tersebut, Kadri Abdou, merupakan salah satu korban tewas dalam serangan itu.

Gambar-gambar yang ditayangkan oleh stasiun penyiaran Prancis TF1, yang disebutkan diambil dari lokasi kejadian, memperlihatkan sebuah mobil dalam keadaan hangus. Sisi kendaraan itu dipenuhi dengan lubang-lubang bekas peluru.

Taman safari Koure, yang berlokasi di sebelah tenggara ibu kota, merupakan atraksi populer di Niger.

Baca Juga: Karyawan RUSD Cibabat Cimahi yang Terpapar Covid-19 Bertambah 6 Orang

Negara dengan wilayah luas itu berbatasan dengan tujuh negara di kawasan yang tidak stabil, termasuk Libya, Mali, Chad, Aljazair, dan Nigeria. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x