KSBSI Kerahkan Massa Turun Aksi pada 1 Mei 2023, Membawa 7 Tuntutan

- 30 April 2023, 17:25 WIB
Ilustrasi foto aksi buruh./ksbsi.org
Ilustrasi foto aksi buruh./ksbsi.org /

GALAMEDIANEWS - 1 Mei atau May Day merupakan Hari Buruh yang diperingati oleh seluruh buruh di dunia, termasuk Indonesia. Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) akan menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta dengan membawa 7 tuntutan.

Koordinator Wilayah (Korwil) DKI Jakarta memusatkan aksi tunjuk rasa di Istana Merdeka pada 1 Mei 2023. Aksi demo yang dilakukan di Jakarta ini diperkirakan akan diikuti oleh 1.000 orang.

Selain itu, KSBSI juga telah menginstruksikan Korwil di daerah untuk mengadakan agenda yang sama di daerahnya masing-masing.

Baca Juga: 50 LINK Twibbon Hardiknas 2023, Meriahkan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei di Medsos Kamu

Dalam siaran pers DEN KSBSI, Pemerintah dan DPR dianggap telah merongrong hak-hak dasar buruh dan serikat buruh. Hal tersebut didasari oleh beberapa kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Adapun kebijakan yang dianggap memberatkan buruh dan serikat buruh dia ntaranya adalah pemangkasan uang pesangon, penghapusan upah minimum sektoral, outsourcing dibebaskan PKWT seumur hidup, PHK dipermudah, TKA dibebaskan, dan eksistensi serikat buruh dilumpuhkan.

Kebijakan-kebijakan tersebut tertuang dalam UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang telah diputuskan oleh MK inkonstitusional dan perlu diperbaiki. Setelah itu, terbitlah Perppu Nomor 2 tahun 2022 yang kemudian disahkan dan diberlakukan melalui UU Nomor 6 tahun 2023.

Selanjutnya, pemerintah juga mengurangi upah buruh yang bekerja di industri padat Karya tertentu sebesar 25 persen dalam permen nomor 5 tahun 2023. Serta melalui permen Nomor 14 tahun 2022 pemerintah mempersulit aktivis buruh menjadi calon Hakim Ad-Hoc Pengadilan Hukum Industrial.

Baca Juga: Ide Jualan 2023: Resep Mie Tambang Jadi Camilan Viral di TikTok

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: KSBSI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x