Saksikan Uji Klinis III di Unpad, Jokowi Optimistis 2021 Bisa Gelar Vaksinasi Massal Covid-19

- 11 Agustus 2020, 17:45 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Elie Siti Wasliah) /

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung penyuntikan perdana uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2020.

Ia menyebutkan dalam vaksinasi uji klinis tersebut diikuti oleh 1.620 relawan. Uji klinis ini akan dilakukan selama 6 bulan ke depan.

"Diharapkan pada Januari 2021 kita sudah bisa memproduksi sekaligus vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air," kata Jokowi.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Buka Pendaftaran Rekrutmen Komcad untuk 25 Ribu Orang, Ini Persyaratannya

Menurutnya, produksi vaksin Covid-19 yang tengah diujiklinis ini dilakukan sendiri oleh Bio Farma. Tahap awal ini, Bio Farma akan memproduksi sekitar 100 juta vaksin.

Di akhir tahun atau sekitar Desember 2020, Bio Farma bisa memproduksi vaksin sekitar 250 juta vaksin yang nantinya untuk vaksinasi di tanah air.

Ia menegaskan pemerintah sedang mempersiapkan vaksin Covid-19 lokal. Vaksin ini menjadi opsi lain dari vaksin yang saat ini tengah diproduksi oleh Bio Farma, yang bekerja sama dengan perusahaan asal Cina, Sinovac.

Baca Juga: Sisa Pembakaran Bangsa Babilonia di Yerusalem 586 SM Mungkin Jadi Kunci Untuk Lindungi Planet

"Kita telah tiga bulan ini mengembangkan vaksin sendiri dari isolate yang dikembangkan dari Covid yang beredar di Indonesia," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X