KPK Inisiasi Penertiban Aset Daerah, KPK Dampingi Pemprov Papua Tertibkan Data Aset

- 15 Mei 2023, 10:42 WIB
KPK menginisiasi melakukan penertiban  aset. KPK bersama Pemprov Papua saat menyaksikan proses penyerahan aset kendaraan mobil dinas di halaman Inspektorat Papua, Kota Jayapura
KPK menginisiasi melakukan penertiban aset. KPK bersama Pemprov Papua saat menyaksikan proses penyerahan aset kendaraan mobil dinas di halaman Inspektorat Papua, Kota Jayapura / (ANTARA/Qadri Pratiwi)/

GALAMEDIANEWS - Komosi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pendampingan terhadap Pemerintah Provinsi Papua untuk memperbaiki pencatatan data aset, seperti kendaraan dinas yang tidak jelas pencatatannya.

Ketua Satuan Tugas Pencegahan Korupsi Wilayah V KPK Dian Patria di Jayapura, Minggu, 14 Mei 2023 mengatakan hasil pendampingan catatan aset itu KPK menemukan data dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ada 1.422 unit kendaraan roda empat dan dua telah dicatat.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Dilaporkan ke KPK Soal Rotasi Jabatan, Diduga Ada yang Membekingi?

“Kami memperkirakan masih ada sekitar 200 lagi masih dikuasai para pensiun dan beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga KPK menunggu data valid dari pihak BPKAD dan Inspektorat berapa jumlah pastinya,” katanya.

Menurut Dian, data tersebut sudah diminta kepada para kepala dinas saat ini, jika memang ada dua kendaraan, mereka diminta untuk mengembalikannya, kemudian dari para pensiunan dan gubernur, mantan staf khusus gubernur

"Pada Sabtu, 13 Mei 2023 lalu, kami sudah berhasil mengembalikan 11 kendaraan dinas milik Pemerintah Provinsi Papua," katanya.

Dian Patria lebih rinci menjelaskan, 11 unit tersebut terdiri dari 6 unit, yakni 1 unit dari Bappenda, 2 unit dari Dinas Perhubungan, 1 unit dari Satpol PP dan 1 unit dari BPTSP berupa mobil dan motor.

"Yang kami tarik rata-rata dulu dari para eks pejabat kepala bidang, serta ada juga pejabat yang sudah pensiun yang menguasai kendaraan dinas wajib mengembalikan,” katanya.

Baca Juga: Uang Pangkal Jalur Mandiri Universitas Singaperbangsa Karawang, Prodi Farmasi 23 Juta

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah