Upacara Detik-detik Proklamasi Berlangsung Sederhana, Tim Sabang Sukes Naikkan Bendera Merah Putih

- 17 Agustus 2020, 10:33 WIB
/Kiki Kurnia/

GALAMEDIA - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, berlangsung secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 namun tetap hikmat dan cerdas.

Tim Sabang berhasil menaikan bendera Merah Putih di Tiang 17 Istana Merdeka yang disaksikan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta undangan dan peserta upacara.

Tim Sabang yang terdiri dari tiga orang anggota Paskibraka ditugaskan untuk mengibarkan Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Lahir di Bireuen, 10 November 2003, dia saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

Baca Juga: Jutaan Masyarakat Indonesia dan Ribuan Nitizen Saksikan Langsung Upacara HUT RI secara Virtual

Dua orang lain dari tim itu yang akan mengibarkan bendera Merah Putih ialah Muhammad Adzan dari NTB yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Upacara detik-detik proklamasi dilaksanakan secara sederhana namun khidmat. Bahkan persembahan lagu-lagu nasional pun berjalan singkat, hanya dua lagu.

"Hanya karena protokol kesehatan kita menghindari penyebaran Covid-19, tapi kami yakin dengan protokol kesehatan acara tetap hikmat dan cerdas," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2020.

Baca Juga: Ini Dia Lirik Lagu Indonesia Raya Karya WR Soepratman

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x