Naskah Teks Proklamasi Asli Jadi 'Tamu Kehormatan' Upacara Hari Kemerdekaan di Istana Medeka

- 17 Agustus 2020, 06:07 WIB
Serah terima arsip teks asli Bung Karno untuk ditampilkan di Istana Merdeka, Minggu 16 Agustus 2020. (foto: setkab.go.id)**
Serah terima arsip teks asli Bung Karno untuk ditampilkan di Istana Merdeka, Minggu 16 Agustus 2020. (foto: setkab.go.id)** /

GALAMEDIA - Naskah asli Teks Proklamasi yang bertulis tangan Sang Proklamator, Ir. Soekarno, akan dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020 pagi ini.

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) telah melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut, pada Minggu 16 Agustus kemarin.

Nantinya, teks ini tampil di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

Baca Juga: Pabrik Sabun Berusia 1.200 Tahun Ditemukan di Rahat, Di Masa Islam Mulai Mengakar

Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani mengatakan, dokumen bersejarah tersebut selanjutnya akan diserahkan kembali kepada ANRI pada tanggal 18 Agustus 2020 mendatang untuk mendapatkan penyimpanan dan perawatan terbaik.

“Insyaallah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI. Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda,” ucap Rika.

Masyarakat bisa mengikuti secara virtual di stasiun televisi ataupun secara virtual

Baca Juga: Hari Ini, Bank Indonesia Luncurkan Uang Pecahan Rp75.000

Mengutip siaran pers ANRI tanggal 16 Agustus 2020, ANRI telah menyimpan naskah asli Teks Proklamasi tersebut di ruang penyimpanan khusus sejak tahun 1992 silam.

Berdasarkan catatan sejarah, naskah tersebut diselamatkan dan disimpan oleh B.M. Diah, seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto, yang meneruskannya kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998 Moerdiono.

Baca Juga: Kabar Terbaru Soal Vaksin Covid-19 di Indonesia, Begini Kata Erick Thohir

Moerdiono menyerahkan naskah tersebut kepada ANRI pada tahun 1992 untuk disimpan dan dirawat dengan baik. Sejak saat itu, ANRI menyimpan naskah asli Teks Proklamasi yang bertulis tangan Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x