Toyota Meluncurkan Mobil Balap Berbahan Bakar Hidrogen saat Balap Mobil Mulai Beralih dari Pemakan Bensin

- 1 Juni 2023, 20:30 WIB
Toyota memperkenalkan mobil balap berbahan bakar hidrogen sebagai bagian dari pergeseran dunia balap dari kendaraan konvensional yang boros bahan bakar.
Toyota memperkenalkan mobil balap berbahan bakar hidrogen sebagai bagian dari pergeseran dunia balap dari kendaraan konvensional yang boros bahan bakar. /Toyota Motor Corp./

GALAMEDIANEWS - Di sirkuit luas dekat Gunung Fuji, sebuah Corolla sederhana yang menggunakan hidrogen cair membuat debut balapnya, sebagai bagian dari upaya untuk menghadirkan teknologi futuristik ini ke dunia balap dan untuk menunjukkan tekad Toyota dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

Chairman Toyota Motor Corp, Akio Toyoda, yang mengenakan seragam balap tahan api, tersenyum lebar saat ia bersiap untuk melaju di sekitar sirkuit dengan Corolla berbahan bakar hidrogen.

"Ini merupakan yang pertama kalinya mobil berbahan bakar hidrogen cair ikut balapan. Kami berharap ini akan memberikan pilihan lain dalam melawan pemanasan global. Untuk memberikan senyuman kepada semua orang, saya ingin melaju satu putaran lagi, bahkan satu detik lebih," kata Toyoda, mantan CEO Toyota, cucu pendiri perusahaan otomotif tersebut, dan seorang pembalap berlisensi.

Baca Juga: Resmi! CFD Dago Kembali Dibuka 4 Juni 2023, Tapi...

Mobil balap Corolla berbahan bakar hidrogen tidak akan segera tersedia di dealer Anda. Balapan Super Taikyu 24 jam di Fuji Speedway hanya merupakan tes untuk teknologi tersebut, kata para pejabat Toyota.

Tidak seperti kendaraan listrik, mobil ini memiliki mesin pembakaran, tetapi menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakarnya daripada bensin.

Produsen mobil Jepang, Toyota, yang menjual sekitar 10 juta kendaraan setiap tahun, ketinggalan dalam peralihan global menuju kendaraan listrik bertenaga baterai, tetapi mereka mengandalkan hidrogen sebagai solusi yang berpotensi ramah lingkungan selama bertahun-tahun.

Para ahli mengatakan hidrogen memiliki potensi besar. Namun, sejauh ini, sebagian besar hidrogen, termasuk yang digunakan untuk mengisi mobil balap Corolla, diproduksi menggunakan bahan bakar fosil seperti gas alam.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Japantoday


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x