Kalimat-kalimat Menggetarkan dari Soekarno, Catat dan Resapi

- 18 Agustus 2020, 06:45 WIB
Potret Bung Karno sedang Berpidato di depan rakyat.
Potret Bung Karno sedang Berpidato di depan rakyat. /

GALAMEDIA - Tak terasa, Indonesia sudah menginjak tahun ke-75 sebagai bangsa yang merdeka. Perjuangan para pahlawan, para pendahulu bangsa patut dihargai.

Masyarakat Indonesia sekarang, harus bisa mempertahankan kemerdekaan yang jelas diraih dengan penuh perjuangan oleh para pendahulu. Mereka berjuang hingga tetes darah terakhir agar negeri ini bisa sejahtera.

Ir. Soekarno atau Bung Karno, termasuk salah satu pendahulu harus dihargai. Sebagai proklamator kemerdekaan bersama Drs. Muhammad Hatta atau Bung Hatta, Soekarno kerap melontarkan pernyataan yang mampu menggelorakan semangat perjuangan.

Baca Juga: Demi Kepentingan di Pilpres AS, Donald Trump Bakal Tarik Pasukan dari Afganistan?

Sebagai dua orang yang kemudian didaulat menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama, Bung Karno dan Bung Hatta banyak memberikan teladan.

Dari mulut keduanya, khusus dari Bung Karno, kerap keluar kalimat akhirnya tercatat menjadi bagian dari sejarah. Kelimat itu kemudian dapat mengobarkan keberanian dan semangat perlawanan.

Berikut rangkuman 8 kalimat Bung Karno yang penuh gelora dan menumbuhkan semangat perjuangan:

Baca Juga: Curhat Sri Mulyani Soal Pemulihan Ekonomi Indonesia: Berat Sekali!

1. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." - Ir. Soekarno

2. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." - Ir. Soekarno

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x